Makin Cerdas, Ini 3 Fitur Baru Google Photos

Oleh Jeko I. R. pada 18 Mei 2017, 19:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2017, 18:14 WIB
Anil Sabharwal

Liputan6.com, Mountain View - Google tak ingin melupakan aplikasi layanan fotonya, Google Photos. Mengingat aplikasi tersebut kini telah mengantongi 500 juta pengguna aktif di mana 1,2 miliar foto dan videonya diunggah setiap hari.

Karena itu, Google mengumumkan bahwa Photos akan hadir dengan segudang pembaruan canggih yang diklaim dapat memudahkan kebutuhan 500 juta penggunanya.

Seperti disampaikan Vice President of Google Photos Anil Sabharwal, Google Photos akan membawa tiga fitur terbaru. Yang pertama adalah Suggested Sharing. Berbekal Machine Learning, ia secara aktif dapat memberikan saran ke siapa foto harus dibagikan.

Contoh, misalnya teman pengguna bernama Brad ada di foto, Google Photos secara langsung akan memberitahu pengguna untuk mengirimkan foto pada Brad. Nah, saat Brad melihat foto yang sudah dibagikan, ia juga akan disarankan oleh Google Photos kepada siapa ia harus membagikannya, entah itu teman, rekan kerja, hingga keluarga.

“Kamu bisa mengundang siapapun untuk dibagikan fotonya via Google Photos. Bahkan, kalau mereka tidak punya aplikasi Google Photos, mereka akan tetap mendapatkan link notifikasi untuk mengakses fotonya,” kata Sabharwal saat mengisi sesi keynotes di Google I/O 2017, Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Amerika Serikat (AS), Rabu (17/5/2017).

Fitur berikutnya adalah Shared Libraries. Shabarwal menjelaskan, fitur ini sangat berguna bagi keluarga besar. Jadi, fitur ini akan bekerja saat pengguna hendak memindahkan foto ke Google Photos.

Nah, di sini pengguna akan diberikan opsi untuk men-tag anggota keluarga secara langsung. Jadi, pada saat yang bersamaan, mereka akan mendapatkan foto dalam folder Shared Libraries.

Selain kedua fitur di atas, Google Photos juga akan mampu mengidentifikasi foto terbaik dan akan mengumpulkannya ke dalam satu album bernama Photo Books. Nantinya, ia akan dibentuk dalam format ala album foto minimalis dan dijual berdasarkan ukuran yang hendak dicetak.

Selain Google Photos, ada beberapa update fitur teranyar lain di I/O 2017 yang sayang untuk dilewatkan, adapun di antaranya seperti pembaruan kecerdasan buatan dan Machine Learning yang bisa diadopsi ke semua layanan dan produk Google, pengumuman Android O, perangkat VR (Virtual Reality) Daydream, proyek Tango, solusi pengembang seperti Firebase dan Kotlin, dan masih banyak lagi.

Google I/O 2017 dikunjungi lebih dari 7.000 developer dan 400 media dari berbagai belahan dunia. Untuk terus update apa saja yang akan diungkap Google di I/O 2017, simak laporan langsung Google I/O 2017 di Tekno Liputan6.com.

(Jek/Ysl)