Sukses

Penipuan Gratis Kuota 50GB Semua Operator Beredar di WhatsApp

Bila sebelumnya mengatasnamakan Telkomsel, kali ini penipuan gratis kuota 50GB di WhatsApp mengatasnamakan semua operator.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelumnya pesan berantai yang menyebut Telkomsel sedang membagikan gratis kuota 50GB menyebar di WhatsApp. Liputan6.com telah mengonfirmasi bahwa pesan tersebut adalah penipuan.

Kali ini kembali beredar pesan bernada serupa, tetapi tidak mengatasnamakan Telkomsel, melainkan semua operator seluler. 

Sama seperti di artikel sebelumnya, untuk membuktikan pesan tersebut merupakan penipuan sebetulnya sangat mudah.

Pertama, situs web yang disebutkan di pesan itu, bukan situs web resmi operator mana pun, bahkan nebeng di 247offers.co. Ya, alamat http://3gunlimited.247offers.co/ merupakan subdomain dari domain induk 247offers.co.

Kedua, situs web itu tidak menggunakan protokol keamanan (https), melainkan hanya protokol biasa (http). Ketiga, domain induk 247offers.co sama sekali tidak bisa diakses. Keempat, tampilan situs web itu sangat tidak profesional.

Hal lain yang mengindikasikan penipuan adalah pengguna mesti mengetikkan nama dan nomor ponselnya di situs web itu. Ini termasuk salah satu cara yang banyak digunakan penjahat siber untuk mengirim spam bahkan phishing ke nomor ponsel targetnya.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.