Sukses

Cara Batasi Penggunaan Paket Data di Android

Kami akan menjelaskan bagaimana membatasi penggunaan paket data di Android. Seperti apa caranya, simak paparan lengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, paket data yang ditawarkan operator seluler di Indonesia masih terbilang mahal. Makanya, mereka mencari cara supaya paket yang mereka beli, cukup sampai masa berlakunya habis.

Di artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana membatasi penggunaan paket data di Android. Seperti apa caranya? Simak paparan lengkapnya berikut ini.

Memantau penggunaan data 

1. Masuk ke menu Settings.

Cara Membatasi Penggunaan Paket Data di Android

2. Di bagian Wireless & Networks, pilih Data usage. 

3. Kemudian akan muncul grafik dan data penunjang lainnya seputar penggunaan data, baik di jaringan SIM 1, SIM 2, maupun WiFi.

4. Kamu bisa menentukan periode penggunaan data, apakah sehari, sepekan, sebulan, dan sebagainya.

ara Membatasi Penggunaan Paket Data di Android

5. Kamu juga bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak mengonsumsi data. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menentukan peringatan dan batas penggunaan data

Kamu dapat menentukan peringatan dan batas penggunaan data dalam periode tertentu. Untuk menyetel peringatan, kamu cuma perlu menarik garis pada grafik dengan tulisan warning di samping kiri sesuai jumlah data yang kamu mau.

Peringatan itu akan muncul otomatis bila jumlah data yang ditentukan, sudah tercapai.

Cara Membatasi Penggunaan Paket Data di Android

Kemudian untuk menentukan batas penggunaan data, ketuk Set cellular data limit. Seketika akan tampil jendela pemberitahuan yang menyebutkan bahwa ketika penggunaan data sudah mencapai batas maksimal, perangkat akan mematikan koneksi data dari jaringan seluler. Ketuk OK. 

Selanjutnya, tarik garis batas penggunaan data yang kamu inginkan. Sebagai catatan, sejumlah aplikasi dan fitur tidak akan berfungsi ketika koneksi data dari jaringan seluler mati.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.