Sukses

Potret Cantik Saturnus Bidikan Pesawat Luar Angkasa Cassini

Seperti apa foto-foto planet Saturnus dari jarak dekat yang dibidik dari pesawat luar angkasa Cassini?

Liputan6.com, Pasadena, AS - Setelah 13 tahun mengorbit Saturnus, pesawat luar angkasa Cassini akan segera pensiun dalam beberapa bulan lagi. Untuk merayakan akhir dari masa tugas Cassini, NASA merilis sejumlah foto cantik planet bercincin tersebut.

Sebelumnya, pada 26 April 2017, Cassini melakukan misi menantang dengan melintasi gap antara Saturnus dan cincinnya. Misi ini pun berhasil dilaksanakan.

Sebagaimana dikutip dari Tech Times, Rabu (3/5/2017), NASA mengungkap bahwa Cassini sukses menjalankan misi tersebut dengan kecepatan hingga 77.000 mil per jam.

"Dengan bangga, kami melaporkan bahwa Cassini berhasil masuk pada gap tersebut sesuai dengan rencana dan keluar dalam keadaan prima," ungkap Earl Maize, Project Manager Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat (AS).

Cassini juga menampilkan sejumlah foto Saturnus dari jarak dekat. Seperti apa rupanya?

Cassini membidik penampakan Kutub Utara Saturnus yang menampilkan warna biru cerah dan merah muda di sisi planet. Foto ini diambil saat Casini pertama kali mendarat di Saturnus pada 2004

Penampakan Kutub Utara Saturnus. (Doc: NASA)

Salah satu foto terbaik Cassini yang menampilkan Saturnus dari jarak dekat dengan permukaan es. Foto ini diambil pada 30 Januari 2017.

Foto close-up permukaan es Mimas, salah satu bulan yang mengelilingi Saturnus. (Doc: NASA)

Permukaan es Enceladus dari jarak sangat dekat. Enceladus adalah salah satu bulan yang mengitari Saturnus. (Doc: NASA)

Saturnus terlihat menawan berkat 'balutan' cincin yang mengitarinya. Bidikan Cassini ini diambil dalam keadaan bercahaya dengan kamera wide-angle pada 8 Maret 2014.

Cincin Saturnus. (Doc: NASA)

(Doc: NASA)

Bidikan Cassini juga berhasil menyihir mata dengan jepretan utuh planet Saturnus. Foto ini diambil dari jarak 1,6 juta mil dengan kamera wide-angle pada 4 Februari 2015.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.