Sukses

Pendiri Wikipedia Luncurkan Wikitribune untuk Perangi Hoax

Wartawan profesional akan bekerja sama dengan relawan komunitas untuk menulis dan mengedit konten berita di layanan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai upaya untuk memerangi hoax (berita palsu) dan ketidakpercayaan terhadap media massa, cofounder Wikipedia Jimmy Wales meluncurkan Wikitribune, sebuah portal berita berbasis komunitas.

"Saya telah memikirkan hal ini cukup lama. Saya sudah mengembangkan ide dan berbagai hal lainnya, tapi ini selalu menjadi proyek yang tertunda," kata Wales sebagaimana dikutip dari Business Insider, Rabu (26/4/2017).

Wikitribune bisa disebut semacam perpaduan antara portal berita tradisional dan Wikipedia, ensiklopedia online yang bisa diedit siapa saja. Wartawan profesional akan bekerja sama dengan relawan komunitas untuk menulis dan mengedit konten berita di layanan ini. "Mereka bekerja secara berdampingan," ujar Wales melanjutkan.

Saat ini Wikitribune tengah menjalankan kampanye urun dana (crowdfunding) selama 30 hari untuk mengumpulkan uang guna memekerjakan dan membayar jurnalis. Mereka berharap mampu memekerjakan 10 jurnalis untuk tahap awal dan menambah jumlahnya secepat mungkin.

Wales menegaskan Wikitribune akan berfokus pada hoax yang menjadi viral dan berdampak tinggi. "Anda tidak bisa mengalahkan mereka (hoax) dalam permainan Anda sendiri, Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dan menarik." 

Sebagai penasihat, Wales menggaet Guy Kawasaki (penulis, pembicara, dan pengusaha), Jeff Jarvis (profesor, pembicara, jurnalis, kritikus), dan Lily Cole (model, aktris, dan pengusaha).

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.