Sukses

Uji Coba, Baterai MacBook Lebih Tahan Lama Ketimbang Rivalnya

Uji performa baterai dilakukan oleh media teknologi asal Inggris ke sejumlah laptop besutan vendor kenamaan.

Liputan6.com, London - Ketika bicara soal daya baterai laptop, masing-masing pasti punya kelebihan dan kekurangan. Pada kenyataannya, vendor pembesut laptop sudah pasti akan 'mengagung-agungkan' performa daya perangkat mereka.

Nah, terlepas dari itu semua, sebuah uji daya terbaru yang dilakukan media teknologi asal Inggris Which? menunjukkan performa baterai pada laptop yang dijual di pasaran untuk saat ini.

Seperti dilansir Ubergizmo, Minggu (2/4/2017), uji performa dilakukan ke sejumah brand laptop, Acer, Apple, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Toshiba. Uji performa dilakukan ke beberapa seri laptop yang berbeda-beda pada masing-masing brand.

Pihak Which? melakukan uji performa baterai mengingat klaim vendor laptop bisa jadi tak sepenuhnya benar. Lantas penasaran, mereka menguji masing-masing performa baterai produk terbarunya untuk melihat sejauh mana bisa bertahan.

"Kami tidak percaya dengan klaim mereka soal performa baterai. Uji performa baterai ini kami lakukan dengan menyalakan laptop--melakukan multitasking--beberapa kali hingga pada akhirnya laptop-laptop itu mati dengan sendirinya," tulis Which? dalam keterangannya.

Hasilnya, MacBook milik Apple diklaim yang paling bertahan lama ketimbang pesaingnya. Laptop tersebut mampu bertahan 10 jam 15 menit, Apple sendiri mengklaim bisa bertahan hingga 10 jam saja.

Sementara, Acer bisa bertahan 5 jam 59 menit, beda dengan klaim perusahaan di mana mampu menyala selama 7 jam 53 menit. Kemudian Asus mampu hidup hingga 6 jam 53 menit, di mana klaim mereka laptop hanya dapat digunakan hingga 10 jam 12 menit.

Adapun Dell, yang mengklaim laptopnya bisa bertahan hingga 9 jam 15 menit, ternyata cuma bisa menyala hingga 5 jam 12 menit. Nyaris tipis dengan HP dengan 5 jam 2 menit, yang mana klaim perusahaan justru memprediksi bisa menyala selama 9 jam 48 menit.



Lenovo mampu bertahan hingga 4 jam 34 menit, beda 2 jam dengan klaim mereka, di mana dapat bertahan selama 6 jam 41 menit. Toshiba hanya mampu bertahan 4 jam 45 menit, klaim mereka cuma dapat terus menyala hingga 7 jam 58 menit.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.