Sukses

Pembeli di Alfacart Bakal Bisa Lakukan Pembayaran di Warung

Pembeli di Alfacart tak hanya akan bisa melakukan pembayaran di Alfamart tetapi juga di warung dan toko tradisional lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang ulang tahun pertamanya, pemain e-Commerce yang menggaungkan bisnis online-to-offline (O2O) Alfacart mengumumkan wajah barunya, Alfacart versi 2.0. Perubahan itu dianggap sebagai strategi inovatif.

CEO Alfacart Catherine Sutjahyo mengatakan, pihaknya mengusung versi 2.0 setelah melihat perkembangan pesat melalui strategi O2O sekaligus mempertimbangkan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Lebih lanjut, Catherine menyebut, konsep O2O jadi kunci sukses Alfacart sebagai pemain e-Commerce yang menjual barang kebutuhan sehari-hari.

Konsep O2O ini memungkinkan pengguna berbelanja online, tetapi bisa membayar, mengambil, dan mengembalikan barang secara offline. Tak hanya itu, pengguna bisa membeli online di toko offline Alfamart.

Konsep ini dirasa bisa menjawab masalah yang dialami e-Commerce di Indonesia, yakni unbankable people dan mahalnya biaya logistik karena Indonesia merupakan negara kepulauan. 

Pada versi terbaru ini, Alfacart tak hanya bermitra dengan Alfamart, tetapi mulai menggandeng warung, toko tradisional, dan jaringan ritel offline lainnya sebagai jaringan O2O.

"Berdasarkan pengalaman kami tahun lalu, 80 persen konsumen memilih membayar transaksi secara tunai di payment point kami. Sementara, 70 persen konsumen ingin adanya fleksibilitas dalam mengambil barangnya," tutur Catherine.

Chief Marketing Alfacart Haryo Suryo Putro menambahkan, versi baru Alfacart ini punya beberapa tujuan, yakni membantu membesarkan UKM Indonesia, serta bekerja sama dengan brand besar seperti Samsung, Unilever, Danone, dan lain-lain guna membangun ekosistem e-Commerce Indonesia.

Haryo mengatakan, saat ini masih Alfacart versi 2.0 dalam tahap penyelesaian. "Sekarang kami sudah memulai membangun infrastrukturnya," kata Haryo.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini