Sukses

4 Tips Membangun Situs Web untuk Mengembangkan Bisnis

Berikut ini empat (4) tips penting dalam membangun situs web untuk bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya memudahkan hidup manusia, internet juga berpotensi besar untuk mengembangkan peluang bisnis.

Cukup dengan melihat jumlah pengguna internet, kita bisa melihat bahwa internet merupakan media yang kuat untuk membangun awareness bagi bisnis. Sebagai gambaran, pengguna internet di Indonesia dan dunia masing-masing mencapai 132 juta dan 3,5 miliar.

Eksis di internet, bagi suatu bisnis, dapat memberikan solusi hemat biaya agar bisa terlihat dan diketahui pelanggan dan calon pelanggan. Dengan mendaftarkan nama domain (alamat web) dan membangun situs web, suatu bisnis juga dapat memutuskan untuk menjadi bagian dari dunia digital yang terus berkembang ini.

Namun, tantangan terbesar bagi kesuksesan bisnis online adalah menciptakan trafik ke situs web, dan patut diakui hal ini memerlukan proses dan waktu lebih panjang. Merangkum informasi dari Verisign, Sabtu (25/3/2017), berikut ini tips penting dalam membangun situs web untuk bisnis.

1. Mendaftarkan nama domain

Langkah penting pertama untuk berbisnis di internet adalah memilih dan mendaftarkan nama domain yang membantu mendorong visibilitas perusahaan di web. Menggunakan nama domain milik sendiri memberikan beberapa keuntungan.

Yang pertama, membantu branding bisnis. Kedua, nama domain ini akan selamanya menjadi alamat situs web bisnis tersebut.

Ketiga, nama domain memungkinkan perusahaan untuk memiliki branded email melalui nama domain. Selain nama domain, pemilik bisnis juga harus memilih extension domain yang tepat, seperti extension .com merupakan pilihan tepat karena diakui, memiliki visibilitas dan kredibilitas tinggi bagi brand, baik di Indonesia maupun dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Tips Membangun Situs Web untuk Mengembangkan Bisnis

2. Menentukan tujuan

Apakah situs web yang hendak dibangun, akan berfungsi untuk mempromosikan perusahaan dan menjadi alat pemasaran untuk mengiklankan bisnis offline? Atau, apakah situs web tersebut akan menjadi toko e-Commerce, di mana pengunjung dapat membeli barang dan jasa online?

3. Mengamati situs web lain

Tak ada salahnya untuk mengamati atau meninjau situs web lainnya untuk sekadar mencari fungsi atau fitur yang ingin disematkan ke situs web yang hendak dibangun.

4. Desain dan penampilan

Secara visual sebuah situs web harus menarik dan profesional.

(Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.