Sukses

Planet Jupiter Bisa Dilihat dari Bumi Sepanjang Maret 2017

Untuk bisa melihat planet raksasa ini lebih jelas, kamu harus berada di tempat dan waktu tertentu.

Liputan6.com, California - Planet Jupiter bisa dilihat langsung dari Bumi di sepanjang Maret 2017. Menariknya, kamu bisa menyaksikan wujud planet terbesar di Tata Surya itu dengan mata telanjang. Hal tersebut bisa terjadi mengingat langit Bumi memasuki fase cerah pada bulan ini.

Untuk melihat Jupiter langsung, kamu harus berada di tempat dan waktu tertentu. Teropong khusus juga harus dibutuhkan jika ingin melihat wujud Jupiter lebih jelas di angkasa.

Dilansir Space, Rabu (15/3/2017), fenomena langka tersebut akan lebih jelas jika dilihat dari wilayah Inggris dan Eropa Barat. Waktu terbaik melihatnya ada di kisaran pukul 22.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Jupiter akan tampak bersamaan dengan Bulan. Hanya, posisinya sedikit lebih rendah dari Bulan. Jika kamu melihatnya dengan teleskop khusus, kamu bisa melihat 67 bulan kecil berupa titik bercahaya, di antaranya ada Ganymede, Io, dan Europa.

NASA menjelaskan, selain Jupiter, ada planet lain yang juga bisa dilihat dari Bumi. Adapun di antaranya seperti Venus dan Mars. Hanya saja, waktu melihatnya berbeda dengan Jupiter.

Untuk menyaksikan Venus, waktu yang paling pas adalah pagi, kisaran pukul 5.30 hingga 6 pagi, sedangkan untuk melihat Mars bisa melihatnya pada pukul 22.00 waktu setempat,

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini