Tampil Lebih Segar, Intip 5 Pembaruan Aplikasi dan Fitur BBM

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Mar 2017, 20:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2017, 20:00 WIB
BlackBerry Messenger
Perbesar
BlackBerry Messenger adalah aplikasi pesan singkat yang dikembangkan oleh Blackberry

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) terus mengalami perubahan signifikan selama beberapa waktu terakhir.

Baru-baru ini, laman CrackBerry sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (6/3/2017) menyebutkan BBM mengalami perubahan dan penambahan fitur di Google Play Store dan Apple App Store.

"Kami telah bekerja keras di BBM selama beberapa bulan terakhir guna menghadirkan update terbaru. Kami begitu gembira, update ini telah hadir di Google Play dan App Store," demikian pernyataan dari tim BBM.

Disebutkan, perubahan ini paling banyak terasa bagi pengguna BBM di iOS. Pembaruan ini di antaranya adalah chatbot API terbaru, analitik untuk partner, pelaporan spam, dan kemampuan bagi pengguna lama untuk menambahkan nomor telepon ke profil BBM mereka.

Berikut adalah perubahan serta penambahan fitur terbaru yang ada pada BBM:

1. Sentuhan Baru pada Penampilan 

BBM tampil dengan sentuhan baru dan sejumlah peningkatan pengalaman pengguna untuk iOS. Misalnya saja, ikon Chatting, Contact, Feed, dan Pilihan yang disederhanakan di menu navigasi utama. Selain itu, ikon Discover kini muncul dalam menu navigasi utama.

Selanjutnya, BBM Channel (saluran BBM) dipindahkan dari menu navigasi utama ke BBM Discover. Tak hanya itu, profil picture pengguna, PIN, dan informasi lain yang semula ada di Setting dipindahkan ke menu "Me".

Pengguna juga bisa melakukan mute conversation dengan menggeser layar ke kiri pada item daftar chat pengguna. Sementara, permintaan teman kini akan tampak pada tab Contacts.

Pembaruan tampilan juga tampak pada notifikasi obrolan grup kini tak hanya menunjukkan nama grup, tetapi juga nama anggota grup. Pengguna BBM baik di iOS maupun Android juga bisa melihat tampilan baru dalam format daftar, bukan dalam bentuk "grid".

Tampilan aplikasi BBM yang berubah jadi lebih segar dan mudah dipakai (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Khusus buat pengguna BBM di Android, saat kamu memperbarui foto profil, pengguna lainnya bisa melihat gambar utuh melalui feed mereka.

2. Chatbot API

Tim pengembang juga memperkenalkan antarmuka pemprograman aplikasi chatbot (API). Dengan demikian, pemilik BBM Channel dapat menghadirkan chatbot interaktif di BBM yang dapat berkomunikasi dengan pelanggan channel tersebut.

Kemampuan ini dikembangkan di atas fitur channel chat. Sebelumnya, pengguna bisa chatting dengan pemilik channel melalui telepon. Kini, perwakilan dari sebuah channel, baik itu manusia maupun program bot bisa menjawab pertanyaan dari pelanggan. Saat seorang pengguna berlangganan satu channel, mereka bisa melihat adanya perwakilan.


Pelaporan Spam

3. Analitik untuk Partner

Tim BBM mengintegrasikan metrik partner dengan Google Analytics, sehingga mereka bisa mengecek trafik, entah itu pengguna unik, returning users, seberapa lama pengguna menggunakan aplikasi BBM, dan lain-lain.

4. Pelaporan Spam

BBM kini juga memudahkan pengguna yang hendak melaporkan spam. Misalnya saja teman yang tak dikehendaki. "Kami telah mendengar dari para pengguna bahwa akun BBM mereka diundang oleh orang-orang tak dikenal. Kini, pengguna bisa melaporkan sebagai spam," demikian tutur tim BBM.

5. Menambahkan Nomor Telepon

Juli lalu, tim BBM menambahkan fitur registrasi melalui nomor telepon untuk pengguna baru. Alih-alih memakai alamat email, siapapun bisa memiliki akun BBM berbekal nomor telepon. Kini, kemampuan fitur ini perluas, pengguna yang sudah punya akun BBM bisa menambahkan nomor telepon ke profil BBM mereka.

Dengan menambahkan nomor telepon, akun BBM jadi punya tambahan keamanan dan memberi kemudahan jika pengguna hendak mengatur ulang password BBM mereka. Selain itu, fitur ini juga mempermudah pengguna untuk mengundang teman-teman yang ada di kontaknya ke layanan chatting.

Pengguna lama bisa log in ke BBM pakai nomor telepon (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kendati demikian, jika pengguna memasukkan nomor telepon ke profil BBM, mereka masih bisa masuk ke BBM baik dengan alamat email atau nomor telepon.

Ingin mendapatkan pengalaman berkirim pesan lebih menyenangkan melalui BBM? Jangan lupa update aplikasi BBM melalui Google Play Store dan App Store, ya.

(Tin/Cas)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya