Sukses

Tips Bedakan WiFi Gratisan yang Aman Atau Tidak

Apakah kamu pencari WiFi gratisan di tempat umum dan kesulitan membedakan jaringan WiFi yang aman dan yang tak aman?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu pencari WiFi gratisan di tempat umum dan kesulitan membedakan jaringan WiFi yang aman dan yang tak aman? Jika iya, kamu tak sendirian.

Security Advocate Consumer Business Unit Symantec Nick Savvides mengungkapkan bahwa memang sulit membedakan jaringan WiFi gratisan tersebut aman atau tidak.

"Bahkan, bisa dibilang tidak ada teknik khusus untuk mengidentifikasi apakah koneksi WiFi aman atau tidak," ucap Savvides di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Namun demikian Savvides menyebut bahwa ada satu cara untuk menentukan apakah WiFi aman untuk digunakan atau tidak.

Menurut pria yang bertanggung jawab atas keamanan siber Symantec di kawasan Asia Pasifik ini, setiap perangkat yang terkoneksi dengan jaringan WiFi akan muncul notifikasi yang menyatakan tingkat keamanan jaringan. Misalnya saja, jaringan "secure" atau "not secure".

"Jangan abaikan peringatan keamanan pada WiFi yang muncul di perangkat. Kalau memang tertulis tidak aman, pastikan untuk tidak menghubungkan perangkat dengan WiFi," kata Savvides.

Dalam kesempatan yang sama, Savvides mengatakan, untuk melindungi data dari ancaman kejahatan siber melalui koneksi WiFi, Symantec menghadirkan layanan Norton WiFi Privacy.

Layanan ini berbentuk VPN (Virtual Private Network) yang melindungi beragam data pengguna seperti password, nomor kartu kredit, serta mencegah akses bagi para hacker yang mungkin menyadap melalui jaringan WiFi yang sama.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini