Bagaimana Perkembangan Kecerdasan Buatan Jarvis Milik Zuckerberg?

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 21 Des 2016, 12:40 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kamu yang pernah menonton film Iron Man pasti tak asing lagi dengan asisten pribadi Tony Stark bernama Jarvis. Nah, menjelang akhir tahun ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg melaporkan perkembangan asisten berbasis kecerdasan buatan yang terinspirasi dari Jarvis.

Lantas, secara teoretis apa saja yang akan bisa dilakukan oleh Jarvis? Dalam sebuah video demonstrasi, atau lebih tepatnya video presentasi, terlihat bahwa pria yang akrab disapa Zuck itu mengontrol rumahnya via suara atau teks langsung dari iPhone. Contohnya, di video itu tampak ia menyalakan dan mematikan lampu rumahnya. 

Hal yang tak kalah mengesankan, kamera keamanan di pintu rumahnya yang terintegrasi dengan Jarvis, melakukan pemindaian untuk mengenali wajah orang yang datang ke rumahnya. Setelah Jarvis memastikan orang tersebut adalah orang tua Zuck, Jarvis langsung memberi tahu Zuck melalui iPhone bahwa orang tuanya sudah berada di depan pintu rumah.

"Membangun Jarvis merupakan tantangan intelektual menarik bagi saya dan hal ini memberi saya pengalaman langsung membangun alat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence Tool) di area yang penting bagi masa depan kita," kata Zuck, dalam sebuah catatan di akun Facebook miliknya.

Masih dalam catatan tersebut, Zuck menegaskan bahwa ia sebelumnya sudah memprediksi dalam 5-10 tahun ke depan, manusia akan memiliki sistem kecerdasan buatan yang lebih akurat daripada yang sudah-sudah. 

 

"Secara umum, ini merupakan tantangan yang keren. Tantangan ini telah mengajari saya lebih banyak dari yang saya perkirakan di permulaan. Tahun ini, saya kira akan belajar tentang kecerdasan buatan (saja), dan (ternyata) saya belajar tentang home automation dan teknologi internal Facebook juga," tutur Zuck.

Menutup catatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih dan dalam beberapa pekan ke depan akan berbagi tantangan apa yang akan ia lakukan tahun depan.

Simak videonya berikut ini. 

(Why/Ysl)