Sukses

Zenfone dengan Kamera Ganda Bakal Meluncur di Indonesia, Kapan?

Smartphone yang diberi nama Zenfone Zoom ini akan mengisi kekosongan produk sebelum Zenfone 4 rilis.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai kehadiran smartphone Asus dengan kamera ganda terjawab sudah. Hal ini dikonfirmasi oleh Head of Public Relations and e-Marketing Asus Indonesia Muhammad Firman.

Saat ditemui Tekno Liputan6.com di sela-sela acara perkenalan Asus Zenfone 3 ZE552KL di Jakarta, Selasa (13/12/2016), Firman tak menampik Asus tengah menggarap smartphone berkamera ganda.

Menurutnya, smartphone yang diberi nama Zenfone Zoom ini akan mengisi kekosongan produk sebelum Zenfone 4 rilis. Selain itu, tak tertutup kemungkinan smartphone ini juga bakal dirilis di Indonesia.

Karenanya, untuk saat ini Asus masih mengurus sejumlah izin seperti Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan sertifikasi. Apabila berjalan lancar, smartphone ini rencananya bakal diperkenalkan pada kuartal pertama atau kedua tahun depan.

"Jika seluruhnya lancar, smartphone ini akan menjadi ponsel Asus dengan kamera ganda pertama yang meluncur di Indonesia," tutur Firman.

Fungsi lensa ganda pada Zenfone 3 Zoom sendiri akan lebih berfungsi untuk zoom (mendekatkan objek). Kamera kedua dari smartphone ini disebut mampu melakukan optical zoom hingga 4x. Kendati demikian, resolusi yang dipakai tak berbeda jauh dari spesifikasi kamera Zenfone 3 saat ini.

"Kami tak mengejar besaran resolusi. Karena itu, kemungkinan masih sama seperti sekarang (16MP), tapi kami akan lebih fokus pada optimalkan penggunaan sensor dan lensa," tuturnya menambahkan.

Disinggung mengenai kemungkinan seri Zenfone 3 versi high-end yang akan meluncur di Indonesia, Firman menuturkan bahwa Zenfone 3 Deluxe akan rilis pada 2017. Sementara Zenfone 3 Ultra dipastikan tak akan hadir di Indonesia.

Sebagai informasi, kabar soal Zenfone Zoom pertama kali berasal dari informasi di situs sertifikasi peralatan telekomunikasi Tiongkok, Tenaa. Menurut data yang diperoleh, smartphone itu memiliki nomor model Asus Z01HDA.

Sementara sejumlah laporan lain menyebut, Zenfone Zoom bakal memiliki layar berukuran 5,5 inci. Smartphone ini didukung chipset Snapdragon 625, RAM dalam beberapa opsi yaitu 2,3 dan 4GB dengan kapasitas memori internal 12, 32, dan 64GB.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.