Sukses

iPhone 7 Jadi Smartphone Paling Laris

Berdasarkan data perusahaan riset pasar, Kantar Worldpanel, pangsa pasar Apple tumbuh dari 33,5 menjadi 40,5 persen.

Liputan6.com, California - Apple mencetak angka penjualan yang cukup baik. Pangsa pasar Apple di pasar smartphone Amerika Serikat (AS), mengalami pertumbuhan 7 persen year-over-year, pada periode tiga bulan yang berakhir Oktober 2016.

Berdasarkan data perusahaan riset pasar, Kantar Worldpanel, pangsa pasar Apple tumbuh dari 33,5 menjadi 40,5 persen. Angka tersebut sekaligus menempatkan iOS sebagai OS mobile nomor dua di AS.

Jika sejumlah pihak menilai absennya Galaxy Note 7 akan menguntungkan Apple di pasar smartphone, Kantar Worldpanel memiliki sudut pandang berbeda.

Kantar Worldpanel meyakini pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa konsumen tidak terlalu terpengaruh dengan absennya port jack 3,5mm pada iPhone 7. Smartphone itu tetap menjadi perangkat paling laris di AS, diikuti oleh Galaxy S7 dan iPhone 7 Plus.

"Tidak adanya headphone jack membuktikan hal tersebut tidak menjadi masalah bagi konsumen iPhone di AS. Hal ini bisa dilihat dari iPhone 7 menjadi perangkat paling laris pada periode tiga bulan yang berakhir Oktober 2016, dengan pencapaian 10,6 persen dari total penjualan smartphone, meski belum genap tiga bulan tersedia di pasar," kata Consumer Insight Director Kantar Worldpanel ComTech, Lauren Guenveur.

Sementara iPhone 7 menjadi primadona, tapi Android masih memimpin berdasarkan sistem operasi (OS). Android mendominasi pasar OS di AS dengan menguasai 57,9 persen penjualan smartphone.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.