Sukses

Ikuti Jejak Nintendo, Sony Akan Boyong Gim PS Lawas ke Smartphone

Gim PS lawas yang akan dirilis ulang justru bukan gim andalan Sony. Kira-kira, apa saja gim-gim tersebut?

Liputan6.com, Tokyo - Pada September 2016, Nintendo mengumumkan akan merilis gim eksklusif perdananya, Super Mario Run, ke perangkat iOS.

Langkah Nintendo yang pada akhirnya terjun ke ranah gim mobile ternyata juga diikuti Sony. Raksasa teknologi asal Negeri Sakura itu berniat merilis sejumlah gim lawas ke perangkat mobile, tak hanya iOS, namun juga untuk Android.

Dilansir Business Insider, Jumat (9/12/2016), Sony mengumumkan langkah strategi bisnisnya itu pada Rabu, 7 Desember 2016.

Tercatat, ada sekitar sepuluh judul gim jadul (jaman dulu) Sony yang dirilis ke PS1 dan PS2, yang mana akan hadir kembali untuk smartphone.

Jika Nintendo merilis gim mobile dengan memboyong karakter ikoniknya, Mario Bros, berbeda dengan Sony. Mereka akan membawa beberapa judul gim yang tidak terlalu populer, namun diklaim punya gameplay terbaik.

Berdasarkan informasi yang dimuat Reuters, beberapa di antaranya termasuk gim music and rhythm "PaRappa the Rapper" dan gim RPG taktik "Arc the Lad".

Namun, Sony akan merilis gim lawasnya tersebut ke wilayah Jepang terlebih dahulu, sebelum akhirnya akan serempak meluncur global.

Mengingat kedua judul tersebut sempat populer di kalangan gamer Negeri Sakura, masuk akal bagi Sony untuk mencoba kembali memancing hype di negeri asalnya sendiri.

Tidak jelas apakah gim yang akan dirilis ke smartphone ini adalah port dari PS1 dan PS2 atau di-remake. Sony pun belum memberikan kejelasan.

Rencana Sony 'nyemplung' ke ranah gim mobile disebut-sebut sebagai langkah untuk mendompleng penjualan gim handheld-nya. Terlebih, penjualan gim PS Vita tidak terlalu laris di pasaran.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.