Sukses

Menjajal Si Mungil Gear 360

Berbekal dua lensa fish eye atau cembung, Gear 360 bisa menangkap obyek yang ada di sekitarnya dalam format 360 derajat.

Liputan6.com, Bandung - Peralihan dari film ke digital, tak hanya mengubah cara kita mengambil gambar dan merekam video. Perangkat yang digunakan pun kian beragam, hingga kini akhirnya muncul kamera 360 derajat dan salah satunya adalah Gear 360.

Kehadiran Gear 360 menjanjikan kemampuan menangkap gambar dari segala arah. Berbekal dua lensa fish eye atau cembung, Gear 360 bisa menangkap obyek yang ada di sekitarnya dalam format 360 derajat. 

Masing-masing lensa dilengkapi sensor 15MP, sehingga diklaim dapat menghasilkan kualitas foto 360 derajat hingga 30MP dan video 360 derajat dengan resolusi 3840 x 1940 piksel. Bodi yang berukuran kecil pun membuat kamera ini mudah dibawa kemana pun.

Gear 360 memiliki desain bulat yang sederhana, dengan tiga tombol fisik. Ada tombol Back yang sekaligus berfungsi untuk on/off, berdampingan dengan tombol Menu dengan logo Bluetooh.

Tombol Menu ini, selain untuk menghidupkan Bluetooth yang berfungsi menghubungkan kamera dengan smartphone, juga untuk memilih menu pengambilan konten seperti foto atau video. Selain Bluetooth, kamera ini juga memiliki konektivitas NFC.

Kemudian ada satu tombol lagi, yang berada di dekat layar. Tombol berwarna hitam dengan titik merah di tengahnya ini terletak di bagian atas dan berfungsi merekam atau memotret secara langsung, jika sedang tidak menggunakan smartphone untuk mengontrol proses tersebut.

Samsung Gear 360 (Foto: Andina Librianty / Liputan6.com)

Gear 360 memiliki "tongkat" kecil berwarna hitam yang bisa dibuka dan ditutup, sehingga memudahkan proses pengambilan foto dan video.

Jika ingin lebih leluasa menangkap foto atau video, kamera ini bisa menggunakan tripod atau monopod lain yang banyak dijual di pasaran. Namun harus dipastikan, tripod tersebut harus disesuaikan dengan Gear 360.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses kontrol Gear 360

Proses kontrol pengambilan gambar secara real time dapat dilakukan menggunakan aplikasi Samsung Gear 360 Manager pada smartphone Samsung Galaxy. Sayangnya, saat ini baru bisa digunakan dengan flagship smartphone Galaxy seri S6 ke atas.

Samsung Gear 360 (Foto: Andina Librianty / Liputan6.com)

Untuk proses pengambilan konten, ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu menggunakan kamera depan saja, kamera belakang saja, atau keduanya digunakan sekaligus. Nah, untuk mendapatkan konten 360 derajat, maka harus menggunakan opsi ketiga.

Hasil foto Gear 360 (Foto: Samsung)

Hasil foto atau video nantinya bisa langsung dilihat melalui aplikasi Samsung Gear 360. Pada aplikasi itu terdapat dua opsi yaitu mobile devices dan Gear 360. Konten yang ada di opsi Gear 360 dapat disimpan di mobile device, sehingga bisa langsung tersimpan di galeri media yang ada di smartphone.

Jika ingin mengedit hasilnya di PC, bisa menggunakan software Gear 360 Action Direcotr. Hasil foto dan video yang direkam pada Gear 360, dapat langsung dibagikan ke platform lain yaitu YouTube, Facebook, dan Google Street View.

Selain itu, konten 360 derajat juga bisa langsung dinikmati dengan Gear VR. Selamat mencoba!

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.