Lebih dari 50 Persen Pengguna Internet di Dunia Pakai Facebook

Oleh Iskandar pada 03 Nov 2016, 11:56 WIB
Diperbarui 03 Nov 2016, 11:56 WIB
Facebook
Perbesar
(ilustrasi/guim.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanannya kini sudah menembus 1,79 miliar, naik 16 persen dibandingkan akhir tahun lalu.

Mengutip laman Qz, Kamis (3/11/2016), data ini tertuang dalam laporan keuangan Facebook di kuartal III 2016. Menurut situs internet-monitoring Internet Live Stats, diperkirakan ada 3,42 miliar pengguna internet di seluruh dunia, per Juli 2016.
Data pengguna Facebook. Dok:  Internet Live Stats
Dalam hitungan sederhana menunjukkan ada sekitar 52 persen populasi di seluruh dunia yang menggunakan internet memiliki akun Facebook, dan mereka mengecek akunnya (setidaknya) bulanan.

Sebelumnya, sekitar setengah dari pengguna internet di dunia memiliki akun Facebook per Juli 2015. Namun saat ini, pengguna aktif Facebook telah melonjak lebih dari 50 persen.

Jumlah pengguna internet dilaporkan terus berkembang setiap hari, berkat peningkatan akses internet melalui smartphone terjangkau dan akses internet ke sejumlah daerah yang sulit dijangkau yang kian meningkat.

Untuk mendapatkan sisanya (48 persen dari pengguna internet), Facebook tengah mencoba untuk membawa akses internet lebih cepat ke lokasi terpencil menggunakan drone, satelit, dan sistem komunikasi nirkabel.

Drone bertenaga surya milik Facebook bernama Aquila mulai mengudara sejak Juli 2016. Drone ini digunakan untuk memberikan internet terjangkau bagi pengguna di tempat-tempat terpencil.

Nantinya, Aquila diharapkan bisa mengelilingi wilayah yang memiliki diameter hingga 60 mil serta memancarkan konektivitas internet dari ketinggian di atas 60.000 kaki menggunakan laser komunikasi dan sistem gelombang milimeter.

(Isk/Ysl)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya