Sukses

5 Cara Sederhana Hemat Kuota 4G di Smartphone Android

Menawarkan koneksi data yang super cepat, jaringan 4G terkadang bisa bikin dompet kamu tipis karena kuota yang terpasang di ponsel habis.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini penyedia jaringan di Indonesia tengah berlomba-lomba menyediakan layanan koneksi internet dengan jaringan tercepatnya, yaitu 4G.

Popularitas jaringan internet 4G pun semakin tinggi dengan banyaknya vendor gadget yang merilis ponsel berkemampuan 4G dengan harga yang terjangkau pula.

Namun, walau menawarkan koneksi yang super cepat, jaringan 4G terkadang dapat membuat dompet kamu cepat 'bolong' dengan banyaknya kuota atau bandwidth yang dikonsumsi dan harus diisi.

Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini 5 trik yang dapat membantu kamu untuk menghemat kuota internet di smartphone Android.

1. Maksimalkan Fitur "Data Saver"

Untuk berselancar di internet, mayoritas pengguna Android menggunakan browser Google Chrome. Karena itu, untuk membantu penggunanya lebih hemat berselancar di internet, Google pun menyisipkan fitur keren yakni modus "Data Saver."

Google mengklaim kalau fitur ini mampu menghemat kuota internet hingga 50%. Lumayan bukan?

2. Matikan Sinkronisasi

Selain berselancar di internet, penggunaan data 4G akan semakin boros dengan banyaknya aplikasi yang terhubung ke internet.

Karena itu, untuk menghemat kuota internet kamu di smartphone, ada baiknya kamu mematikan fitur sinkronisasi aplikasi-aplikasi yang memang jarang digunakan atau yang tak begitu perlu. 

Tak hanya itu, kamu pun dapat lebih menghemat penggunaan kuota internet 4G di smartphone dengan mematikan fitur auto-update di aplikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Usage Warning hingga Gunakan Wi-Fi

3. Perhatikan Data Usage Warning

Pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Android KitKat, kini hampir seluruh smartphone Android sudah memiliki fitur yang bernama "Data Usage Warning".

Dengan menyalakan fitur ini, kamu akan mendapatkan peringatan bilamana penggunaan kuota internet mendekati batas yang sudah diatur sebelumnya.

4. Fitur "Restrict Background Data"

Nyaris sama dengan poin kedua, fitur ini akan "mematikan" beberapa aplikasi bilamana tidak dijalankan. Namun kekurangannya, aplikasi yang dimatikan tidak akan mengirimkan notifikasi apapun ketika tak digunakan.

5. Gunakan Wi-Fi Saat Update

Google Play Store terkadang menjadi alasan kenapa kuota internet kamu cepat habis lho, terutama saat tengah melakukan update aplikasi.

Untuk mematikan fitur ini, kamu bisa memberi centang pilihan untuk hanya meng-update aplikasi secara otomatis saat terhubung dengan Wi-Fi saja.

(Msu/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini