Sukses

iPod Genap Berusia 15 Tahun, Apple Malah ‘Cuek’

Apple tidak memberikan satu komentar pun terkait peringatan 15 tahun perangkat yang membesarkan namanya tersebut.

Liputan6.com, Cupertino - Siapa yang tak tahu iPod? Perangkat musik portabel buatan Apple tersebut memang sangat tenar pada masanya. Sayang, setelah kemunculan iPhone pada 2007, pamor iPod semakin memudar.

Perlahan, pengguna beralih menggunakan iPhone karena fitur pemutar musiknya sama persis dengan iPod.

Tak terasa, tepat kemarin, Minggu (23/10/2016), iPod genap berusia 15 tahun. Mirisnya, Apple terkesan ‘cuek’ dengan 15 tahun berdirinya iPod.

Laman Gizmodo, Senin (24/10/2016), menyebutkan bahwa perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino itu tidak mengumbar secuil kata pun terkait peringatan 15 tahun iPod.

Tidak ada press release, tidak ada event khusus, bahkan tidak ada cuitan dari Tim Cook. Padahal, beberapa blog teknologi lain ‘merayakan’ 15 tahun iPod, sampai-sampai International Business Times menyatakan hari kemarin sebagai ‘Hari iPod Nasional’.

Apple kini memang sudah tak lagi fokus pada iPod. Terbukti, mereka mengumumkan telah menyetop laporan penjualan iPod sejak tahun 2015. Ini artinya, iPod tak lagi mempengaruhi bisnis perangkat Apple untuk sekarang dan di masa mendatang.

iPod sendiri diperkenalkan pada 23 Oktober 2001 oleh Steve Jobs. Dengan inovasi konsep perangkat musik MP3 portabel, iPod digadang-gadang bakal menyaingi Sony Walkman dan beberapa perangkat serupa yang kala itu masih menggunakan kaset atau CD.

Seiring waktu berjalan dengan perkembangan teknologi, iPod juga ikut berevolusi. Mulai dari iPod Classic ke iPod Nano, lalu ke iPod Shuffle dan yang terkini, iPod Touch.

iPod Touch sendiri dikenal sebagai perangkat yang ’11-12’ dengan iPhone. Hanya saja, iPod Touch tidak memiliki slot SIM dan tidak dapat digunakan untuk melakukan komunikasi seluler.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • iPod