Sukses

Perusahaan Ini Bakal Sebar Internet Cepat di Seluruh Dunia

Perusahaan internet ini sedang berusaha menebarkan internet cepat dan aman di seluruh dunia. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu upaya terbesar Google di India adalah menghadirkan internet cepat untuk seluruh stasiun kereta api. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California itu kini berambisi menyebarkan internet cepat di seluruh dunia di bawah proyek Google Station.

Informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari laman 9to5 Google, Kamis (29/9/2016), upaya itu saat ini masih terbatas pada capaian 100 stasiun kereta api utama di India. Pada April 2016, dalam sepekan layanan internet ini dipakai oleh lebih dari 100.000 orang di sana. 

Saat ini, Google tengah bekerja sama dengan RailTel dan Indian Railway untuk menghadirkan Wi-Fi berjaringan internet cepat dan aman di 300 stasiun berikutnya. Target tersebut diharapkan bisa tercapai pada 2017.

Google berharap, dengan kecepatan internet ini penggunanya bisa mengakses video berkualitas HD dengan mudah, mencari tahu tentang destinasi yang dituju, mengunduh sebuah gim atau buku untuk dibaca dalam perjalanan.

Saat ini, koneksi tersebut masih bersifat gratis, tetapi Google bermaksud membuat layanan ini menjadi berkelanjutan. Dengan demikian, bisa saja pengguna nantinya diharuskan membayar sejumlah uang untuk menikmati fasilitas ini.

Dengan kehadiran Google Station, perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin ini juga dikabarkan sedang mencari mitra internasional yang bermaksud menghadirkan layanan serupa untuk negara-negara lain.

Kemungkinan besar, upaya internasional Google ini tak hanya terbatas pada stasiun kereta, tetapi juga berbagai tempat lainnya. Sebab, muncul isu Google tengah mencari venue dan organisasi lebih besar untuk mewujudkan ambisinya.

Beberapa pihak menduga, Google bakal bermitra dengan operator telekomunikasi, penyedia layanan fiber optik, sistem integrator, serta perusahaan infrastruktur untuk menghadirkan layanan internet cepat dan aman.

Sebagai informasi, ekspansi tersebut ditujukan selain untuk negara-negara Barat. Di negara-negara Barat kini sudah banyak pihak yang menyediakan internet gratis. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.