Sukses

GFX-50S, Kamera Medium Format 51,4 Megapiksel dari Fujifilm

Kamera bernama GFX-50S ini merupakan kamera medium format perdana dari Fujifilm

Liputan6.com, Berlin - Fujifilm akhirnya resmi memperkenalkan kamera medium format perdana. Dalam gelaran PhotoKina di Berlin, Senin (19/9/2016) waktu setempat, perusahaan asal Jepang itu memperkenalkan sistem kamera baru GFX dengan sensor CMOS berukuran besar, yakni 43,8mm dan 32,9mm.

Kamera medium format perdana dari Fujifilm, GFX-50S (sumber: engadget.com)
Seri pertama kamera GFX ini diberi nama GFX-50S, dengan berat hanya 800 gram. Sama seperti seri X, GFX merupakan kamera mirrorless dengan desain yang lebih ringkas dan memiliki resolusi 51,4MP. 

Mengutip informasi dari laman The Verge, Selasa (20/9/2016), sensor dalam kamera ini 70 persen lebih besar dari format 35mm. Ukuran sensor ini juga jauh lebih besar dari sensor APS-C yang lebih umum dipakai kamera mirrorless dan DSLR saat ini.

Kamera ini juga dibekali viewfinder yang dapat dilepas dan diletakkan di bagian atas. Selain itu, ada pula viewfinder alternatif yang ditujukan untuk mengambil video dengan sudut berputar.

Kamera ini memiliki resolusi 51,4MP dengan sistem lensa baru. Pada kesempatan tersebut, Fujifilm juga memperkenalkan sistem lensa G-mount yang memang ditujukan untuk keperluan kamera medium format. 

Sayangnya, Fujifilm belum membocorkan banderol harga dari GFX-50S. Namun perusahaan itu menargetkan harganya akan berada di bawah US$ 10.000, ditambah dengan lensa GF 63mm dan viewfinder. Rencananya, kamera ini sudah tersedia pada awal 2017.

Kamera medium format perdana dari Fujifilm, GFX-50S, yang memiliki resolusi 51,4MP (sumber: pocketlint.com)
Selain Fujifilm, perusahaan lain yang lebih dulu memperkenalkan teknologi kamera serupa adalah Hasselblad lewat seri X1D. Kamera medium format perusahaan Swedia itu sendiri dibanderol dengan harga US$ 9.000 (Rp 118 jutaan).

Sebagai informasi, kamera medium format memiliki banyak keunggulan yang tak dimiliki kamera lain. Salah satunya adalah kemampuan menciptakan foto kelas profesional yang tak dapat dihasilkan kamera dengan format lebih kecil.

Biasanya, kamera medium format hadir dengan desain yang relatif besar dan berat. Kamera jenis ini memang kerap digunakan dalam studio fotografi. Karenannya, bobot yang ringan jelas menjadi keunggulan dua perusahaan kamera kenamaan tersebut.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.