iOS 10 Meluncur 13 September, Ini Fitur Lengkapnya

Oleh Jeko I. R. pada 08 Sep 2016, 18:03 WIB
Diperbarui 08 Sep 2016, 18:03 WIB
iOS 10
Perbesar
Ilustrasi iOS 10 (Sumber: TechCrunch)

Liputan6.com, Cupertino - OS terbaru Apple, yaitu iOS 10, dipastikan akan meluncur pada 13 September 2016. Sistem operasi generasi kesepuluh ini digadang-gadang menjadi OS dengan perombakan drastis, termasuk upgrade besar-besaran pada asisten digital Siri.

Diungkap laman The Verge, Kamis (8/9/2016), saat mempresentasikan 'secuil' fitur terbaru iOS 10, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa Siri akan lebih proaktif dan cerdas dalam merespon perintah pengguna iPhone.

Nantinya, asisten digital itu bisa melakukan pencarian gambar, menyalin pesan voicemail, dan bahkan bisa menulis pesan SMS.

Kini, Apple tengah merombak Siri kepada developer aplikasi agar nantinya pengguna bisa memanfaatkan Siri untuk mengirim pesan via WhatsApp atau memesan kendaraan via Uber.

Selain pemolesan Siri, Apple juga menghadirkan fitur baru Universal Clipboard di iOS 10. Jadi, pengguna iPhone bisa meng-copy text atau gambar dari iPhone dan paste ke perangkat Mac-nya.

Tak sampai di situ, fitur mengesankan lainnya dalah fitur 'Raise to Wake' yang mana membuat pengguna iPhone menyalakan perangkatnya dengan mudah dan praktis tanpa harus menekan tombol apapun.

Hanya dengan mengangkat iPhone, maka layar akan menyala seketika. Layar lock screen juga hadir dengan rombakan lebih baik, termasuk penggunaan widgets di iOS 10 yang lebih responsif dan praktis.

Sementara, perubahan terbesar yang ada di iOS 10 adalah aplikasi built-in di mana kamu bisa 'menghilangkan' mereka, seperti aplikasi bawaan: Photos, Phone, Maps, Music, News, Home, dan Message.

Lalu, aplikasi iMessage juga mendapatkan perombakan fitur di mana menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Dan yang terakhir, Apple telah melakukan redesign pada aplikasi HomeKit, Apple Maps dan Music-nya menjadi lebih fungsional.

iOS 10 dipastikan akan hadir dalam software update di perangkat mulai iPhone 5, 5s, SE, 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, 7 dan 7 Plus, lalu iPod Touch 6th Gen, iPad Mini 2 dan versi ke atasnya serta iPad 4th generation, termasuk iPad Air dan iPad Pro.

(Jek/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya