AirPod, Earphone Bebas Kabel Besutan Apple

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Sep 2016, 14:15 WIB
Diperbarui 08 Sep 2016, 14:15 WIB
Apple
Perbesar
Bentuk AirPod, earphone anyar dari Apple yang bebas kabel (sumber: apple.com)

Liputan6.com, San Fransisco - Sebelum iPhone 7 diperkenalkan, sempat beredar rumor Apple akan menghilangkan jack headphone 3,5mm yang umum digunakan saat ini.

Rumor itu ternyata dibuktikan saat perusahaan asal Cupertino itu memperkenalkan iPhone anyarnya di Bill Graham Civic Auditorium, San Fransisco, Amerika Serikat.

Apple bahkan menawarkan earphone tanpa kabel dengan nama AirPod. Lantas, sebenarnya apa perbedaan AirPod dan EarPod yang sudah lebih akrab dipakai para pengguna perangkat Apple?

Secara tampilan, AirPods tak berbeda dari earphone Apple sebelumnya. AirPod dapat dikatakan merupakan EarPod tanpa kabel. Karenanya, earphone ini dibuat lebih ringkas dan pengguna tak perlu khawatir akan kabel yang kerap tergulung tak beraturan.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Kamis (8/9/2016), Apple membekali earphone ini dengan beberapa fitur unggulan. AirPod akan terhubung secara langsung dengan seluruh perangkat Apple. Jadi, pengguna tak perlu repot mengatur earphone ketika menggunakannya di perangkat sekaligus.

Perangkat ini juga dapat digunakan untuk mengakses Siri. Untuk melakukannya, pengguna cukup mengetuk AirPod dua kali untuk membuka akses ke asisten digital itu.

Lewat Siri, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat panggilan baru, mengontrol musik, dan hal lainnnya.

Apple juga menyematkan chip terbarunya yaitu W1 yang dilengkapi dengan sensor optik dan akselerometer di masing-masing AirPod.

Penggunaan sensor itu membuat musik yang tengah diputar dapat berhenti secara otomatis ketika AirPod tak lagi digunakan, atau saat pengguna berbicara dengan orang lain.

Perangkat ini disebut dapat bertahan selama lima jam dalam sekali pengisian data. Case AirPod yang juga berfungsi sebagai tempat pengisian daya tambahan dapat mendukung penggunaan selama 24 jam untuk sekali pengisian daya.

AirPod nantinya dijual secara terpisah dan dibanderol dengan harga US$ 159 atau sekitar Rp 2 jutaan.

Perangkat ini akan mulai tersedia di situs dan toko retail Apple mulai bulan depan. Perangkat ini kompatibel dengan seluruh perangkat Apple yang menjalankan iOS 10, watch OS 3, dan mac OS Sierra.

(Dam/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya