Sukses

5 Fakta Menarik Gim Jadul yang Patut Diketahui

Walau banyak orang yang menduga kalau gim video baru dibuat pada 1980-an, ternyata gim video sudah muncul jauh lebih awal dari perkiraan

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dipungkiri, gim (game) jadul memang memiliki kesan tersendiri dan sangat menyenangkan. Terlebih bagi gamer yang tumbuh besar mengenal karakter-karakter gim seperti Mario, Pac-Man, dan Link.

Walau banyak orang yang menduga kalau gim video baru dibuat pada 1980-an, ternyata gim video sudah muncul jauh lebih awal, yakni sekitar tahun 1950-an.

Namun memang, gim video baru memasuki era kejayaannya saat gim arkade, konsol, dan komputer rumah (PC) pertama kali pada 1970 hingga 1980.

Untuk mengenang kejayaannya, Tekno Liputan6.com menyajikan kumpulan fakta menarik yang hanya diketahui oleh seorang gamer sejati. Apa sajakah fakta menarik tersebut, berikut adalah ulasannya.

1. Siapa itu Mario?

Siapa sih yang tidak kenal dengan karakter ikonik milik Nintendo ini. Tak hanya tampil sebagai salah satu karakter gim terkenal di dunia, Mario merupakan karakter gim milik Nintendo yang paling laris sepanjang masa.

Dibuat oleh Shigeru Miyamoto, Mario tampil pertama kali sebagai "Jumpman" di dalam gim arkade yang berjudul Donkey Kong pada 9 Juli 1981.

Dalam gim tersebut, Mario digambarkan sebagai tukang kayu yang harus menyelamatkan kekasihnya yang disandera oleh kera raksasa yang bernama Donkey Kong.
Donkey Kong
Tak berlangsung lama, karakter "Jumpman" pun diubah namanya menjadi Mr. Video Game dan akhirnya resmi menggunakan nama Mario pada tahun 1983. Nama Mario sendiri terinspirasi dari nama pemilik gudang pertama Nintendo yang bernama Mario Segale.

Sejak pertama kali muncul hingga saat ini, Mario sudah tampil di dalam 200 judul gim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permainan Arkade dan Pac-Man

2. Pong Bukan Permainan Arkade Pertama di Dunia

Pada tahun 1971, Computer Space tampil mendahului Pong! sebagai mesin permainan arkade koin pertama yang ada di dunia. Walau tak sepopuler Pong, Computer Space memiliki peranan yang luar biasa penting dalam sejarah dunia gim.

Permainan arkade atau gim yang beroperasi dengan koin biasanya hanya dapat dijumpai di tempat-tempat umum seperti di pasar, biskop, dan beberapa supermarket. Di Indonesia sendiri, permainan arkade baru mulai ramai sekitar tahun 1985.

Beberapa judul gim seperti Space Invaders, Galaxian, Pac-Man, Battlezone, Defender, dan Bosconian adalah beberapa judul permainan arkade yang banyak dikenal oleh kalangan gamer hingga saat ini.

3. Pac-Man
Pac-Man
Selain Mario, Link, dan Donkey Kong, karakter unik berbentuk bola berwarna kuning yang bernama Pac-Man ini memiliki basis penggemar yang setia dan banyak pula.

Dibuat oleh Toru Iwatani yang bekerja untuk Namco, Pac-Man pertama kali muncul di Jepang pada 22 Mei 1980. Uniknya, ide pembuatan karakter ini muncul saat Iwatani sedang makan Pizza dan berdasarkan karakter Jepang untuk mulut yakni, Kuchi.

3 dari 3 halaman

Konami Code dan PlayStation

Konami Code
4. Konami Code


Kenal dengan kode cheat up(atas), up(atas), down(bawah), down(bawah), left(kiri), right(kanan), left(kiri), right(kanan), B, A?

Bagi kamu yang sudah main gim pada tahun 80an pasti sudah tidak asing lagi dengan kode cheat tersebut. Disebut sebagai Konami Code, ini adalah kode cheat yang digunakan oleh Konami untuk beberapa judul gim ternama mereka.

Kode ini pertama kali muncul pada tahun 1986 bersamaan dengan gim bergenre menembak Konami dan menjadi populer setelah banyak gamer menggunakan kode tersebut di dalam gim Contra.

5. Sony PlayStation

Tahukah kamu kalau faktor ketidaksengajaan berperan penting dalam kesuksesan Sony merajai perang konsol dunia.

Berawal sebagai rekanan untuk membuat sebuah perangkat tambahan untuk Super Nintendo, Sony justru memutuskan mengembangkan perangkat tersebut menjadi sebuah konsol gaming yang bernama PlayStation.

Mulai dijual pertama kali pada 3 Desember 1994, PlayStation adalah satu-satunya konsol gim yang mampu terjual sebanyak 100 juta unit hanya dalam waktu sembilan tahun enam bulan sejak pertama kali diluncurkan.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.