OPINI: Gelombang Baru dalam Dunia Kesehatan Digital

Oleh Liputan6 pada 24 Agu 2016, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2016, 20:00 WIB
Shashank ND, Founder and CEO Practo
Perbesar
Shashank ND, Founder and CEO Practo (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi telah mengubah banyak industri, dari bidang keuangan hingga otomotif, dari musik ke manufaktur, dari kebiasaan belanja bulanan hingga menonton film. Teknologi dapat ditemukan di mana pun dan dampaknya jelas terlihat dan luar biasa besar. Meski demikian, dunia kesehatan seolah-olah terlewatkan.

Bisa dibilang, pengalaman kesehatan Anda tidak mengalami perubahan berarti dalam 10 tahun terakhir. Belum ada cara mudah (hanya baru-baru ini saja) untuk menemukan dokter atau penyedia layanan kesehatan yang bagus.

Bahkan jika Anda menemukan mereka, Anda harus menunggu lama untuk bertemu, dan setelah Anda akhirnya dapat bertemu dengan mereka, para dokter sendiri tidak mendapatkan cukup bantuan dari kemajuan teknologi untuk memastikan bahwa mereka bebas dari pengelolaan praktik mereka, sehingga dapat sepenuhnya fokus kepada Anda sebagai pasien.

Tidak hanya harus berurusan dengan berkas kertas yang rumit di mana semua data kesehatan Anda berada, “penghargaan” yang Anda dapatkan karena rajin menjaga riwayat kesehatan yang detail adalah bahwa Anda harus membawa banyak berkas dan folder setiap kali melakukan kunjungan dokter.

Hal ini tentu saja hanya merupakan aspek kuratif dan pasti membutuhkan banyak perbaikan. Untuk memecahkan tantangan layanan kesehatan di Indonesia dan juga dunia, kita harus memastikan sebuah pendekatan holistik yang meliputi aspek kuratif, serta kebugaran dan kesehatan.

Dengan demikian, kita harus menyatukan berbagai penyedia layanan kesehatan tersebut (dokter, ahli kesehatan, pelatih kebugaran, dll.), serta para pasien dalam satu platform yang sama dan menemukan tidak hanya solusi dalam hal kualitas penemuan, tetapi juga penyampaiannya.

Seseorang perlu mengatasi masalah dari kedua belah pihak secara bersamaan dan memastikan bahwa teknologi membantu, baik pasien maupun penyedia layanan kesehatan. Kita tidak dapat memiliki layanan kesehatan yang bagus bagi masyarakat, kecuali kita membantu para penyedia layanan kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.

Hal ini berarti bahwa dalam sebuah negara di mana rasio dokter/pasien sangat riskan, teknologi harus memastikan para dokter dapat lebih mudah ditemukan sehingga pasien dapat bertemu dengan mudah dan lebih efisien.

Dengan demikian, lebih banyak pasien dapat bertemu mereka setiap hari, dan di saat yang sama memastikan bahwa kita membantu para dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya dalam menyajikan kualitas perawatan yang lebih tinggi, sehingga setiap pasien mendapatkan kesempatan terbaik untuk dapat pulih dengan lebih cepat.

Bagi para pasien, ketika mereka dapat mencantumkan masalah kesehatan dalam kotak pencarian dan menemukan dokter yang tepat untuk mengobati mereka dan kemudian membuat janji langsung dengan dokter tersebut, merupakan sebuah langkah pertama yang bagus.

Akan tetapi, implikasinya cukup besar, terutama setelah Anda mempertimbangkan bahwa sebagian besar pasien harus melakukan perjalanan dari kota mereka ke kota-kota yang lebih besar untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Hingga kini, perawatan yang dimaksud melibatkan waktu tunggu yang lama untuk bertemu dokter setelah mereka tiba di kota yang lebih besar. Tidak jarang stres yang terjadi ketika mengunjungi dokter lebih besar daripada stres yang diakibatkan oleh penyakit pasien yang sebenarnya.

Teknologi Mengurangi Rasa Sakit

Namun sekarang, para pasien dapat membuat janji untuk bertemu dokter sambil duduk di sofa dan bertemu langsung dengan dokter tersebut pada jam yang telah ditentukan.

Yang lebih penting lagi, dengan teknologi yang memberi mereka kemampuan untuk mengetahui lebih banyak tentang dokter di sekitar mereka, kebutuhan mereka untuk datang ke kota besar sebagai satu-satunya sumber dokter yang dapat dipercaya, menjadi berkurang.

Hal ini jelas mengurangi rasa sakit pasien karena harus pergi ke kota lain, dan di saat yang sama juga mengurangi beban yang dialami oleh infrastruktur kesehatan kota besar tersebut. Kunjungan ke dokter pasti diperlukan (kebanyakan) ketika seseorang merasa tidak sehat.

Seringkali, orang mengalami masalah kesehatan yang mengganggu, tetapi mereka tetap mengabaikannya. Ini akhirnya menjadi masalah besar yang kemudian membutuhkan perhatian medis serius. Jadi, selain pencarian dan pemesanan, Practo memudahkan para pasien untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban gratis dari para dokter spesialis terpercaya dalam hitungan jam.

Tujuan kami adalah untuk membuat akses semudah mungkin untuk memastikan para konsumen dan dokter bertemu. Juga mengatasi pertanyaan kesehatan terkecil sekali pun yang biasanya para konsumen mungkin abaikan. Seringkali, mengatasi masalah kesehatan sejak awal dan berkonsultasi dengan dokter pada waktu yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup dan harapan hidup konsumen.

Setelah para pasien pulih, konsumen dan teknologi kemudian harus bekerja sama untuk memastikan bahwa mereka menjaga kesehatan dengan baik dan dengan demikian dapat mengurangi kecenderungan untuk jatuh sakit. Hal ini juga mengurangi beban infrastruktur kesehatan.

Aspek besar dalam hal ini juga adalah penemuan. Jika Anda menginginkan seorang pelatih yoga yang hebat yang dapat melatih Anda di rumah atau pada waktu yang Anda pilih di lokasi yang dekat dengan Anda, bagaimana cara Anda menemukan pelatih tersebut?

Menghemat Pengeluaran

Jika Anda mengharapkan seseorang untuk menangani bahu Anda yang nyeri atau otot yang tertarik setelah bermain tenis, bagaimana Anda dapat memastikan Anda menemukan fisioterapis terbaik untuk mengatasi hal tersebut? 

Fungsi pencarian kami telah menjadikan hal ini sangat mudah bagi konsumen dan oleh karena itu, jutaan orang menggunakannya setiap bulan.
 
Transformasi ini tidak hanya dari sisi konsumen saja. Terdapat manfaat keuangan yang cukup besar dari sebuah sistem layanan kesehatan yang baik. Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat menemukan bahwa konsumen menunggu 1,1 miliar jam sebelum mendapatkan perawatan oleh dokter. Ini menyebabkan kerugian pendapatan sebesar US$ 52 miliar bagi para konsumen tersebut.

Dari jumlah total 121 menit yang setiap pasien habiskan untuk mengunjungi dokter, 37 menit dihabiskan di perjalanan, 64 menit dihabiskan menunggu atau mengisi formulir, dan hanya 20 menit dihabiskan untuk benar-benar bertemu dengan sang dokter.

Di Indonesia, dari segi lalu lintas saja akan membuat jumlah waktu ini jauh lebih besar. Jadi, mengadopsi teknologi ini tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mental konsumen, namun juga baik untuk kesejahteraan finansial mereka.

Bagian terbaik adalah bahwa semuanya ini dilakukan dengan mobile. Yang berarti bahwa siapa pun yang memiliki smartphone yang terkoneksi dengan internet, dapat mengakses layanan kesehatan yang bagus dan menemukan, serta berkonsultasi dengan dokter di mana pun mereka berada.

Di negara dengan rasio pasien-dokter yang teramat rendah, dan wilayah geografis yan besar, cara mobile merupakan satu-satunya cara kita dapat memberikan layanan kesehatan yang baik, mulai dari penemuan hingga penyampaian.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya