Sukses

5 Gim Mobile Terbaik Buatan Anak Bangsa yang Wajib Dimainkan

Bulan ini, rakyat Indonesia sedang bersuka cita dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu (17/8/2016), seluruh masyarakat Indonesia sedang bersuka cita dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71.

Memperingati HUT Republik Indonesia ke-71, Google mengapresiasi hasil karya anak bangsa yang berhasil bersaing dengan gim-gim buatan luar negeri dan sempat "mengancam" sejumlah gim populer, seperti Clash of Clans dan Clash Royale yang selalu mendominasi puncak aplikasi di Android.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah lima judul gim terbaik buatan anak bangsa yang yang wajib kamu mainkan.

1. Tebak Gambar (Tebak Gambar)

Tebak Gambar
Sebelum ada Pokemon Go dan Clash Royale, Tebak Gambar sempat merajai daftar gim di Google Play Store selama berbulan-bulan. Tampil dengan gameplay yang sederhana, dalam gim ini kamu harus menebak kata atau kalimat berbekal petunjuk dari gambar yang tersedia di dalam gim.

Walau dibuat oleh tiga orang, Tebak Gambar selalu menghadirkan update rutin yang semakin membuat gim ini sulit ditinggalkan.

2. Round Tofu (Own Games)

Tahu Bulat
Berawal dari fenomenal penjual jajanan yang bernama tahu bulat, studio gim asal Bandung ini mampu mendepak Clash of Clans yang mendominasi Google Play Store. Sayang, gim yang kental dengan produk lokal ini harus mengubah namanya dari Tahu Bulat menjadi Round Tofu.

Seperti Tebak Gambar, Round Tofu hadirkan gameplay yang sederhana dan mudah dimainkan. Hanya saja, kamu membutuhkan sedikit pengetahuan cara bagaimana me-manage sebuah toko makanan Tahu Bulat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gim lokal lainnya

3. Warung Chain: GoFood Express (Touchten)

Warung Chain
Dirilis pertama kali pada Mei 2016, gim buatan Touchten Games ini langsung meluncur di iOS dan Android. Versi "lokal" dari salah satu gim Touchten lainnya yang berjudul Ramen Chain.

Seperti Ramen Chain, dalam gim ini kamu dituntut untuk menjadi seorang pengusaha warung makanan yang harus melayani berbagai macam pelanggan yang datang sebaik mungkin.

Mengusung konsep time management, gim ini menghadirkan berbagai macam masakan lokal yang khas dan sering kamu temui di warteg, seperti Tempe, Ikan Goreng, Ayam Goreng Spesial, dan masih banyak lagi.

Sekadar mengingatkan, gim ini bisa dibilang cukup adiktif dan tentunya akan bikin kamu lapar.

4. Pixel Super Heroes (Lyto Mobi)

Pixel Super Heroes
Siapa sih yang tidak kenal dengan Lyto?Tampil sebagai salah satu publisher lokal yang terkenal dengan gim seperti Ragnarok Online, Lyto melebarkan sayapnya dengan merambah dunia gim mobile.

Salah satu gim Lyto yang menarik dan khas Indonesia adalah Pixel Super Heroes. Mengusung genre endless running, gim ini tampil unik dengan grafis 8-bit dan desain karakter yang cukup populer di Indonesia seperti Gatotkaca.

5. Gombal (Agate Jogja)

Gombal
Bingung 'ngegombalin' gebetan atau ingin belajar bagaimana caranya 'ngegombal' yang baik dan benar? Jika iya, maka permainan buatan studio gim bernama Agate Jogja ini bisa menjadi pilihan kamu.

Berjudul Gombal, ini merupakan gim kedua buatan Agate Jogja yang berunsur cinta-cintaan. Sebelumnya, Agate Jogja merilis gim hampir serupa yang berjudul Kuis Jomblo.

Tak butuh grafis yang luar biasa, Gombal tampil sebagai gim yang menguji kemampuan kamu untuk merangkai rayuan "gombal" ke salah satu karakter perempuan di dalam gim.

Luar biasanya, Agate Jogja hanya membutuhkan waktu 20 hari untuk menyelesaikan gim ini.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini