Tumpah Ruah! Apple App Store Bakal Kantongi 5 Juta Aplikasi

Oleh Jeko I. R. pada 14 Agu 2016, 13:10 WIB
Diperbarui 14 Agu 2016, 13:10 WIB
Ilustrasi App Store
Perbesar
Ilustrasi App Store

Liputan6.com, Cupertino - Jumlah aplikasi App Store terus bertambah. Tentu ini jadi kabar baik bagi Apple selaku perusahaan pembesut toko aplikasi tersebut.

Bahkan, berdasarkan prediksi lembaga riset Sensor Tower, App Store bakal mengantongi jumlah aplikasi dua kali lipat dalam empat tahun lagi. Artinya, sekitar 5 juta aplikasi bakal 'menjejali' App Store pada 2020 mendatang.

Dilansir Tech Crunch, Minggu (14/8/2016), Sensor Tower mengungkap katalog kategori aplikasi App Store akan lebih banyak 73 persen dari yang diperkirakan pada akhir tahun ini.

"Saat ini, ada 2,93 juta aplikasi yang bertengger di App Store. Bukan tak mungkin, dalam beberapa tahun ke depan jumlahnya akan terus tumbuh seiring banyaknya minat developer yang ingin mengembangkan aplikasi iOS," kata juru bicara Sensor Tower.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat tersebut memang telah memproyeksikan laju pertumbuhan total aplikasi App Store sedari 2008.

Di tahun pertama App Store berdiri, hanya ada sekitar 5.000 aplikasi resmi yang terdaftar. Seiring waktu berjalan, jumlah aplikasi yang ada di App Store terus berkembang hingga 1,75 juta pada 2015 lalu.

Sementara, dalam waktu empat tahun ke depan, sebagaimana dilampirkan pada tabel grafik di bawah, App Store setidaknya diprediksi mengantongi sekitar 3,6 juta aplikasi pada 2017. Menyusul 4,18 juta aplikasi pada 2018 dan 4,67 juta aplikasi pada 2019.
worldwide-app-store-apps-by-2020
Dari jutaan aplikasi yang nanti akan dirilis di App Store, aplikasi gim mobile akan merajai kategori aplikasi.

"Untuk tahun ini, sudah ada 20.958 gim mobile baru yang terdaftar hingga Mei 2016. Kami memang belum menghitung jumlah aplikasi baru setelahnya, yang pasti kategori gim mobile akan mendominasi," juru bicara tersebut melanjutkan.

App Store sebelumnya telah mencetak rekor dengan mendulang pemasukan US$ 50 miliar (sekitar Rp 657 triliun) yang didapat hanya dalam waktu satu bulan. Pendapatan itu tentu tak lepas dari beberapa aplikasi populer yang bertengger di jajaran Top Grossing Apps. Pokemon Go salah satunya.
may-2016-new-apps-by-category
App Store memang telah masuk ke dalam prioritas Apple dalam menggenjot bisnis globalnya selain fokus ke penjualan iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch. 

Terbukti, pada Desember 2015, Phil Schiller didapuk Apple sebagai Senior Vice President of Worldwide Marketing yang dipercaya bertanggung jawab untuk App Store.

(Jek/Cas)