Sukses

Aplikasi Ciptaan Barudak Bandung Raih Penghargaan dari Wapres

The Wali Studio, pengembang aplikasi MyQura asal Cimahi, Jawa Barat, memperoleh penghargaan Anugerah Karya Intelektual (KI) Nasional 2016.

Liputan6.com, Bandung - Siapa sangka aplikasi buatan anak bangsa ini meraih penghargaan dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laolly.

The Wali Studio, pengembang aplikasi mobile dari Cimahi, Jawa Barat, memperoleh penghargaan Anugerah Karya Intelektual (KI) Nasional 2016 berkat aplikasi ciptaannya, MyQuran Al-Quran Indonesia. 

Startup yang telah mengembangkan 20 aplikasi ini telah mengantongi 3 juta unduhan dari aplikasi MyQuran. 

CEO The Wali Studio, Fauzil Hamdi mengungkapkan keinginannya untuk mendaftarkan paten setelah pihaknya memperoleh pengesahan keabsahan Quran (tahsih) dari Kementerian Agama Indonesia.

"Dengan adanya tahsih, ini yang membedakan kami dengan pengembang aplikasi Al-Quran lainnya di Indonesia. Artinya, Al-Quran yang kami cantumkan telah diakui validitasnya oleh lembaga tertinggi bidang agama," katanya kepada tim Tekno Liputan6.com di Bandung, Selasa (9/8/2016) kemarin.

CEO The Wali Studio ​Fauzil Hamdi memperlihatkan aplikas MyQuran yang meraih penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual 2016 di Bandung, Selasa (9/8/2016). (Liputan6.com/Muhammad Sufyan A)
Sertifikat yang diberikan Ketua Tahsih Kementerian Agama, Dr Muhlis Muhammad Hanafi itu tak hanya diberikan untuk aplikasi MyQuran saja, tetapi juga kepada seluruh aplikasi yang dikembangkannya. 

Pria jebolan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bandung itu mengatakan dirinya bangga memperoleh penghargaan yang juga itu diberikan kepada tokoh dan perusahaan besar lainnya. 

Misalnya, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Go-Jek, hingga peneliti nanoteknologi LIPI Dr Nurul Taufiqu Rochman.

Tahsin Kementerian Agama kepada MyQuran The Wali Studio. (Liputan6.com/Muhammad Sufyan A)
Apalagi, diakuinya, belum ada pengembang aplikasi dari Kota Bandung yang sebelumnya meraih penghargaan tersebut.

"Sebetulnya aplikas MyQuran ini sudah saya buat sejak 2011. Sempat saya tak lanjutkan selama dua tahun karena mengerjakan proyek-proyek. Mulai 2013, saya dan tim mulai menggarapnya lagi. Alhamdulillah, akhirnya dapat penghargaan dari Wapres," sambungnya.

MyQuran menawarkan ragam konten seperti membaca Al-Quran, hafalan Al-Quran, tajwid Al-Quran, hingga doa-doa. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Play Store.

(Msu/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini