Sukses

95 Persen Pengguna Internet Indonesia Akses Berita Lewat Ponsel

95 persen pengguna internet di Indonesia rupanya mengakses berita melalui ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi pengguna internet. Berbagai hal bisa dilakukan melalui perangkat mobile. Misalnya saja mengakses konten berita, blog, foto, hingga video.

Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan UC Browser, rupanya 95,4 persen pengguna internet di Indonesia membaca konten berita dari smartphone. 

Kemudian sebanyak 45,9 persen mengakses berita dari televisi, 20,9 persen dari majalah atau koran, 15,3 persen dari komputer, serta 6,7 persen mengakses berita dari radio.

Melalui keterangan pers UC Browser yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (4/8/2016), diketahui bahwa pengguna internet di Indonesia cenderung meninggalkan media konvensional sebagai sumber informasi.

Untuk mendapatkan informasi dan hiburan, pengguna smartphone lebih banyak menggunakan internet dibandingkan media lainnya.

Menurut Aseanup.com, Indonesia merupakan negara "mobile first" dengan 61 persen pengguna internet mengakses dunia maya melalui perangkat mobile. Sedangkan sisanya, yakni 39 persen melalui komputer atau PC.

Bukan hanya itu, dalam hal konsumsi media Indonesia memiliki angka tinggi, yakni 540 menit per hari atau sekitar 9 jam per hari. Dari jumlah tersebut, konsumsi berita dari smartphone mendominasi dengan waktu 291 menit per hari.

Data UC Browser juga mengungkap 75,6 persen pengguna mobile internet di Indonesia membaca berita lebih dari tiga kali dalam sehari. Sebanyak 11,8 persen membaca 2-3 kali sehari, dan 11,1 persen sebanyak sekali sehari.

Sementara itu, 56,5 persen pengguna internet di Indonesia rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari. 

Selain itu, konsumsi konten berita di Indonesia telah berubah, dari media tradisional ke perangkat mobile. Penyedia konten pun mendapatkan keuntungan berupa peningkatan trafik. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.