Sukses

Cara Baru Google Kurangi Ukuran Aplikasi di Play Store

Google menambahkan algoritma baru pada Play Store sehingga ukuran aplikasi yang diunduh berkurang.

Liputan6.com, Jakarta - Google kini tengah mengembangkan algoritma baru demi mengurangi ukuran (size) aplikasi di Play Store.

Sebagaimana diumumkan Google di blog Android Developers, mengutip Tech Times, Senin (25/7/2016), algoritma ini nantinya tak hanya mengurangi size aplikasi saja, tetapi juga size pembaruan (updates).

Bagi pengguna Android yang memiliki memori ponsel dan kuota data terbatas, hal ini tentu menjadi kabar baik.

Pasalnya, tak semua pengguna terkoneksi jaringan WiFi ketika mereka mengunduh aplikasi. Kuota besar terkadang dibutuhkan saat mengunduh aplikasi berukuran besar, misalnya game. 

Google fokus terhadap hal ini mengingat sebanyak 65 miliar aplikasi Android di dunia telah diunduh dari Play Store.

Dengan jumlah itu, perusahaan berupaya mengurangi ukuran pemasangan (install) aplikasi dan updates-nya.

Pengembang (developer) pun didorong untuk merilis lebih banyak updates pada aplikasi dengan sejumlah konten, perbaikan, terutama pada keamanan.

Google menambahkan algoritma baru Delta, bernama bsdiff untuk mengurangi size pembaruan hingga 50 persen lebih. Algoritma baru ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi Delta pada aplikasi. 

Sebagai contoh, updates aplikasi Google Chrome untuk Android biasanya memakan ruang 22,8MB, di mana updates kecil berukuran 15,3MB. Dengan algoritma bsdiff, ukurannya berkurang menjadi 12,9MB (besar) dan 3,6MB (kecil).

Pengguna Android yang memiliki ponsel high-end dengan memori besar dan terbiasa terkoneksi WiFi, mungkin tidak terlalu merasakan perubahan tersebut pada Google Play Store.

Namun, pengguna Android yang kuota datanya terbatas dan memorinya kecil, perubahan ini dapat memaksimalkan kapabilitas smartphone-nya.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini