Sukses

Apple Jadi Smartphone Terpopuler Gen Y di Indonesia

Smartphone Apple menjadi merek yang paling populer di kalangan Gen Y di Indonesia, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak kenal iPhone besutan Apple? Dunia mengakuinya, termasuk Indonesia. Hal ini terbukti lewat hasil survei Asiawide dan Brand Alliance terhadap Gen Y di Indonesia mengenai nama-nama merek populer pilihan Gen Y Indonesia.

Melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (25/6/2016), Apple menjadi merek smartphone yang paling populer di kalangan generasi Y.

Sedangkan pada peringkat kedua diduduki smartphone Android milik Samsung, disusul Sony, Nokia, serta LG. Sementara untuk merek laptop yang terpopuler, hasil survei mencatat ada beberapa merek seperti Apple, Lenovo, Vaio, HP, serta Asus.

Untuk kamera, Gen Y di Indonesia memilih merek-merek seperti Canon, Nikon, Sony, Olympus, serta Fuji Film sebagai merek yang paling populer.

Adapun survei ini sebenarnya dilakukan di pasar Asiawide di lima negara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Tiongkok. Dalam menentukan merek ternama, survei dilakukan secara langsung serta via online.

Dibandingkan dengan Gen Y di negara lain di Asia, merek produk ternama pilihan Gen Y Indonesia memamerkan kualitas dasar dan menempatkan tagline sebagai cara untuk menarik pembeli. Sedangkan di Tiongkok, cenderung mempertimbangkan produk bermerek dan tampilan kemasan sebagai simbol identitas diri.

Dosen Manajemen Universitas Tarumanagara Arnold Japutra menyatakan, Gen Y di Indonesia memilih produk merek internasional dan nasional. "Pilihan ini sangat dipengaruhi oleh kategori produk tersebut, misalnya di kategori mobil, ponsel, dan laptop, hanya sedikit yang memilih produk buatan Indonesia. Kebanyakan lebih memilih merek internasional," kata Arnold.

Sementara itu, hasil survei juga mengungkap bahwa untuk e-Commerce atau pasar online, merek lokal masih menjadi pilihan bagi Gen Y Indonesia. Beberapa merek e-Commerce yang dipilih di antaranya adalah Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan Kaskus.

Direktur Strategi Influential Brands Jorge Rodriguez mencatat bahwa merek produk lokal dan nasional telah muncul menduduki puncak dalam kategori survei Gen Y di Asia.

"Walaupun fakta globalisasi telah membuat lebih banyak orang menunjukkan preferensi merek internasional, survei ini juga memperlihatkan adanya keterbukaan Gen Y terhadap produk lokal dan nasional. Artinya, terlihat ada kebanggaan nasional," katanya seperti tertulis pada keterangan resmi. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini