Ini Alasan Remaja Senang Beri Tanda 'Love' di Instagram

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Jul 2016, 07:57 WIB
Diperbarui 17 Jul 2016, 07:57 WIB
Ilustrasi Instagram
Perbesar
Ilustrasi Instagram (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Pennsylvania - Remaja pengguna Instagram diketahui lebih sering memberi tanda suka pada unggahan orang lain dibandingkan pengguna yang lebih tua.

Hal ini berdasarkan riset tingkah laku pengguna Instagram yang dilakukan oleh Dongwon Lee, seorang profesor di Pen State University, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Dikutip dari Engadget, Minggu (16/7/3016), Lee juga menemukan bahwa remaja cenderung sering menggunggah foto di Instagram dan menghapus jika mereka mendapatkan sedikit tanda love atau suka.

"Remaja ingin lebih populer sehingga mereka sangat peduli terhadap tanda love yang diperoleh pada tiap unggahan," kata Lee.

Remaja diketahui sering memberikan tanda love di unggahan milik orang lain agar unggahannya juga lebih disukai dan mendapat banyak tanda love. Sebab, mereka merasa lebih populer jika unggahannya disukai banyak orang.

Tak hanya itu, remaja juga lebih sering berinteraksi dan memberi komentar pada foto orang lain dibandingkan orang dewasa. Namun rupanya, para remaja juga lebih sedikit mengunggah foto-foto mereka.

Pada sisi lain, orang dewasa cenderung memiliki ketertarikan yang lebih luas. Sedangkan remaja biasanya mengunggah mengenai perasaan atau mood-nya.

Dalam melakukan riset ini, tim Lee fokus pada Instagram dan 500 juta penggunanya. Tim menggunakan API tertentu untuk mengidentifikasi perilaku pengguna Instagram.

Mereka menilai, like atau love di Instagram jauh lebih kompleks dibandingkan dengan reaksi like yang sama pada Facebook maupun Twitter.

(Tin/Cas)

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya