5 Tips Memilih Kartu Micro SD untuk Smartphone Kamu

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 04 Jul 2016, 19:05 WIB
Bodi Atas Samsung Galaxy S7 Edge - SIM Card Hybrid (SIM Card Slot dan Micro SD Slot Menyatu)

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua vendor ponsel Android merilis smartphone dengan dukungan slot micro SD. Padahal, minat pengguna Android akan adanya slot ini cukup tinggi.

Meski begitu, sebenarnya perlu diketahui bahwa performa micro SD sangat bergantung pada kelas dan kecepatan, serta kemampuan smartphone kamu.

Lalu, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sebuah kartu micro SD untuk smartphone?

Berdasarkan sejumlah tips yang Tekno Liputan6.com himpun dari Android Pit, Senin (4/7/2016), ini yang harus kamu perhatikan saat memilih micro SD.

1. Pastikan perangkat mendukung kartu MicroSD
Sayangnya, tak semua smartphone memiliki dukungan ke slot micro SD, dan justru menyebut vendor telah memberikan ruang penyimpanan internal berkapasitas besar.

Oleh karenanya, pastikan smartphone Android kamu memiliki dukungan slot micro SD agar bisa memperluas ruang penyimpanan internal.

Port Kartu micro SD Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)
2. Perbedaan SDHC dan Micro SDXC
Saat membeli kartu micro SD, pastikan kamu mengetahui perbedaan antara SDHC dengan SDXC. Perbedaannya terletak pada jumlah data yang bisa disimpan oleh keduanya.

SDHC atau secure digital high capacity bisa menyimpan hingga 32GB sedangkan SDXC (secure digital extended capacity) mampu menampung data mulai 64GB dan di atasnya.

Tapi sayangnya, Micro SD yang beredar di pasaran tak semuanya asli.
Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tak mendukung kartu micro SDXC. Sehingga, penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu SDXC.

Model Seksi Ini Pernah Dikirimi Pesan Nakal Cristiano Ronaldo
2 of 2

Perhatikan Class Micro SD

3. Arti Class pada sebuah kartu Micro SD
Kartu micro SD hadir dalam beberapa kelas atau class, misalnya 2, 4, 5, dan 10. Apa artinya? Rupanya, class menunjukkan tingkat minimum di mana kartu ini bisa mempertahankan transfer data.

Ilustrasi Micro SD (Sumber: Android Pit)
Singkat kata, untuk Class 2, artinya micro SD bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2Mbps. Sedangkan Class 10 bisa membaca dan menulis data pada 10Mbps.

4. Maksud UHS Pada Kartu Micro SD
Sejak 2009, kartu micro SD tertentu kompatibel pada UHS-1 atau UHS-4. Secara teori, USH bisa dibilang kecepatan transfer data mencapai 312Mbps.

Saat ini, belum ada smartphone yang mendukung standar UHS. Karenanya, kecepatannya sangat berbeda dengan kecepatan kartu micro SD yang ada saat ini.

5. Micro SD yang lebih baik bisa mempercepat kinerja smartphone
Pertanyaan utama yang diajukan dalam memilih micro SD adalah, apakah semakin baik kartu micro SD akan meningkatkan kinerja smartphone? Jawabannya 'iya'.

Jika kamu menyimpan aplikasi dan foto pada kartu micro SD, maka micro SD yang memiliki kecepatan lebih tinggi bakal menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data saat mentransfer file, serta menyimpan aplikasi lebih cepat.

Ilustrasi: Pastikan kamu memilih kartu micro SD sesuai dengan kemampuan smartphone (Sumber: Android Pit).
Sedangkan jika membuka aplikasi yang ada di memori internal smartphone pasti akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat.

Jadi, sudah siap untuk memilih kartu micro SD sesuai dengan kebutuhan kamu?

(Tin/Din)

Lanjutkan Membaca ↓