Sukses

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Resmi Meluncur

Kibar bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika secara resmi meluncurkan gerakan nasional 1.000 startup digital.

Liputan6.com, Jakarta - Kibar bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika secara resmi meluncurkan gerakan nasional 1.000 startup (perusahaan rintisan) digital.

Program yang diinisiasi oleh Yansen Kamto, Chief Executive Officer Kibar, ini bertujuan melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas dan berdampak positif untuk penyelesaian masalah di Indonesia. Nantinya, 1.000 startup baru dari program ini diharapkan mampu memiliki valuasi bisnis pada tahun 2020.

"Ini adalah gerakan awal, dan diharapkan ke depannya tak hanya seribu startup tapi juga bisa mencapai jutaaan startup baru," ujar Yansen, saat acara peluncuran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Menurutnya, program ini diharapkan dapat menjadi template pengembangan startup di Tanah Air. Bahkan, tak tertutup kemungkinan ada gerakan-gerakan serupa di masa depan.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia yang juga hadir dalam acara tersebut mengapresiasi peluncuran gerakan ini. Ia menilai gerakan ini dapat mendorong terciptanya generasi baru yang mumpuni di bidang teknologi digital.

"Gerakan ini tak akan pernah diklaim menjadi program (Kementerian, red.) Kominfo, tapi merupakan upaya kerja sama dari seluruh stakeholder dalam membangun ekosistem digital di Indonesia," ujar pria yang akrab dipanggil Chief RA tersebut.

Program ini rencananya mulai dilaksanakan secara bertahap di 10 kota pertama yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak.

Tahap pertama dari program ini adalah ignition, yaitu seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreunership dengan target 4.000 peserta. Setelah itu, 2.000 peserta yang layak akan melanjutkan ke tahap pembekalan keahlian yang disebut workshop.

Selanjutnya, 1.000 peserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan purwarupa (prototipe) produk. Lalu, 500 peserta akan masuk tahap bootcamp, yaitu sesi mentoring mendalam sebagai persiapan peluncuran produk.

Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan di setiap kota per tahun. Dari situ, dalam 5 tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini