Sukses

Generasi Terbaru Bluetooth Janjikan Kecepatan Transfer Tinggi

Generasi Bluetooth terbaru ini menjanjikan kemampuan yang lebih mumpuni, dari sisi kecepatan dan kapasitas transmisi yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Versi terbaru dari jaringan nirkabel yang paling populer, Bluetooth, siap meluncur pada 16 Juni ini. Kepastian ini diungkapkan langsung oleh Executive Director Bluetooth, Mark Powell, beberapa waktu lalu.

Pembaruan ini nantinya akan diberi nama Bluetooth 5, tanpa embel-embel titik di belakang angka untuk pembaruannya. Langkah itu dipilih untuk menyederhanakan nama dan memudahkan proses pemasaran.

Bluetooth 5 dipastikan hadir dengan sederet kemampuan baru yang membuatnya lebih baik, khususnya dari sisi kecepatan.

Dilansir laman Ars Technica, Kamis (16/6/2016), versi terbaru ini memiliki jangkauan lebih luas dan kecepatan transer lebih unggul dari Bluetooth 4.2 hingga empat kali lipat.

Selain itu, ada pula penambahan kapasitas yang jauh lebih besar saat melakukan transmisi. Dengan demikian, informasi dari sebuah perangkat yang belum tersambung akan jauh lebih cepat sehingga memudahkan pengguna.

Belum dapat dipastikan berapa besaran yang akan digunakan pada paket transmisi untuk Bluetooth 5.0. Namun, akan lebih dari kemampuan paket saat ini, yakni 47 bytes yang 31 di antaranya tersedia untuk data.

Sayangnya, belum dipastikan daftar perangkat yang akan kompatibel dengan Bluetooth versi terbaru ini. Namun, umumnya versi terbaru dari Bluetooth membutuhkan perangkat Bluetooth yang baru juga, tak sekadar pembaruan lewat software.

Untuk itu, kemungkinan besar adopsi Bluetooth 5 baru akan hadir di tahun depan pada perangkat-perangkat, seperti laptop, tablet, ponsel, termasuk aksesoris nirkabel lainnya.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.