Sukses

Google Simpan Rekaman Suara Pengguna, Buat Apa?

Google rupanya simpan rekaman suara penggunanya, apa alasannya?

Liputan6.com, California - Google rupanya menyimpan rekaman suara penggunanya selama bertahun-tahun. Rekaman suara ini didapatkan Google melalui fitur Google Voice Search.

Fitur Google Voice Search merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari berbagai hal dengan pengenalan suaranya.

Dilansir laman Tech Crunch, Senin (6/6/2016), Google Voice Search menyimpan rekaman suara pengguna melalui perintah yang diucapkan pada 'OK Google'.

Namun, Anda tak perlu khawatir sebab Google menyimpan rekaman suara tersebut dan membuatnya bisa diakses oleh pengguna. 

Google sendiri kemungkinan menyimpan suara Anda untuk sejumlah alasan. Misalnya memberikan akses ke pencarian history suara yang pernah diucapkan pengguna.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bahasa layanan Google Voice Search berdasarkan kata-kata yang pernah diucapkan.

Nah, Google menyimpan suara Anda beberapa detik sebelum Anda memulai perintah 'OK Google' serta mengetap ikon mikrofon. Anda bisa lihat pada link berikut ini untuk mengetahui history rekaman suara yang pernah Anda ucapkan. 

Begini cara menghapus rekaman suara Anda di Google (Sumber: Screenshoot).
Tak hanya bisa diakses, rekaman suara itu juga bisa dihapus oleh pengguna. Untuk menghapusnya, menurut laman Independent Anda hanya tinggal klik pada boks check yang ada di sebelah kiri dan kembali ke bagian atas halaman kemudian memilih 'delete'.

Untuk menghapus semuanya Anda bisa memilih tombol 'More', kemudian pilih 'Delete option' kemudian pilih 'Advanced' lalu pilih semua yang akan dihapus.

Jika Anda tak ingin Google merekam suara Anda, silakan matikan asisten virtual tersebut dan jangan pernah gunakna Google Voice Search. Silakan mencoba.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini