Sukses

Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Punya Android Baru

Jika Anda memiliki smartphone Android baru, hal apa saja yang perlu dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sebuah smartphone baru pastinya membuat seseorang jadi ingin langsung menjajalnya. Tapi tunggu, jangan terburu-buru! 

Sebelum Anda mengoprek apa yang ada di dalamnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Info dari Android Central yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (23/5/2016), setidaknya ada 9 hal yang perlu dicek sebelum menggunakan ponsel Android baru.

1. Perhatikan semua benda di dalam boks ponsel

Ketika Anda membeli ponsel baru, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka boks dan perhatikan semua benda di dalamnya. Jangan dulu terpaku pada smartphone-nya.Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Iskandar)
Pastikan Anda melihat benda-benda seperti kabel, kepala charger, hingga earphone di dalamnya. Pada beberapa ponsel tertentu, perusahaan memberikan peralatan pendukung seperti charger atau earphone.

Intinya, Anda harus tahu bahwa semua kelengkapan ada di dalam kotak smartphone yang baru saja dibeli.

2. Lihat baik-baik perangkat Android

Pastikan smartphone Android yang baru dibeli itu dalam kondisi baik dan tak ada yang rusak. Namun, penting juga untuk membuka semua bungkusan plastik untuk memastikan bahwa tidak ada bodi yang lecet.

Jangan lupa untuk melihat bagian lensa kamera dan buka tutup pelindungnya agar hasil foto menjadi jernih.

3. Pastikan daya baterai bisa diisi

Coba untuk menghubungkan charger dengan sumber listik dan pastikan bahwa daya ponsel benar-benar bisa terisi dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksalah Android Baru Setelah Dibeli

4. Hubungkan dengan Wi-Fi

Jika Anda memiliki sebuah Android baru, jangan lupa untuk mengecek apakah koneksi Wi-Fi berjalan dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan internet koneksi Wi-Fi agar data Anda tak terlalu boros.

5. Cek pembaruan sistem operasi

Jika Anda memiliki Android baru, pastikan untuk selalu meng-update sistem operasinya ke versi terbaru.

6. Log in ke akun Google

Jika Anda berencana menggunakan layanan Google dan Google Play pada perangkat Android, terlebih dahulu harus log in ke akun Google.

7. Perbarui seluruh aplikasi ke versi terbaru

Dalam sebuah ponsel Android biasanya sudah ter-install beberapa aplikasi. Nah, begitu Anda mengaktifkan smartphone, jangan lupa untuk memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Hal ini dimaksudkan agar kinerja ponsel jadi lebih cepat dan optimal.

8. Jangan lupa lihat seluruh pengaturan

Ada banyak hal yang bisa Anda atur pada Android baru, seperti pengaturan suara, volume, screen timeout, tingkat kecerahan layar, hingga keamanan kunci. Atur semuanya sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda.
Fitur keamanan bernama Factory Reset Protection (FRP) dibutuhkan saat kamu ingin melakukan factory reset pada sebuah smartphone Android.

9. Sign in ke akun media sosial

Jika Anda pengguna aplikasi Facebook, Twitter, Pinterest dan lain-lain, cobalah untuk melakukan log in melalui smartphone. Sama halnya jika Anda pengguna Samsung atau Sony, coba untuk masuk ke akun Anda.

Nah, sudah siap menjajal Android baru?

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.