Sukses

7 Gim Lawas yang Seharusnya 'Lahir' Kembali di Smartphone

Kangen main gim-gim lawas? Yuk nostalgia lihat apa saja daftar gim jaman dulu yang seharusnya kembali dirilis di smartphone!

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda kembali ke masa gim jadul (jaman dulu) yang sempat nge-hits di PS1, Nintendo 64 dan bahkan PS2, genre platform adventure dan dormant platform adventure (petualangan platform 3D) sangatlah digemari oleh para gamer pada masanya.Bahkan beberapa judul dari gim jaman dulu ini mempunyai kesempatan untuk dibuat seri lanjutan dan bisa menjadi franchise gaming yang dapat membantu aset para developer gim. Sayangnya, judul-judul gim lawas ini telah dilupakan begitu saja bagi para pengembangnya. Akan tetapi, gameplay yang disajikan tentu sangat menarik dan melekat di hati para gamer sampai saat ini.

Seharusnya, judul-judul gim lawas tersebut di-remake untuk perangkat smartphone seperti iOS dan Android, yang akan jelas membuat para gamer yang rindu akan gameplay platform klasik bisa kembali memainkan gim ini dan kembali hits.Mengutip laman Pocket Gamer, Selasa, (19/4/2016) Tekno Liputan6.com telah merangkum tujuh gim lawas yang (semoga saja) seharusnya di-remake untuk smartphone. Simak ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Spyro the Dragon

1. Spyro the Dragon7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneDi era PS1, gim besutan developer Insomniac Games ini sempat melejit bersama judul sejumlah gim lawas terkenal lainnya, sebut saja Crash Bandicoot, Rayman, dan Tomb Raider.Gim yang mempunyai karakter naga ungu yang lucu ini sayangnya telah dilupakan dan menjadi 'usang' di konsol PS1. Gameplay-nya tergolong mudah, Anda harus mengontrol Spyro menjelajahi berbagai macam dunia untuk menolong temannya dan melawan Gnasty Gorc. Spyro mempunyai dua jenis serangan: nafas berapi dan menyerang dengan tanduk di kepalanya.

3 dari 8 halaman

Crash Bandicoot

2. Crash Bandicoot7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneSiapa yang tak kenal Crash Bandicoot? Gim populer ini menjadi salah satu ikon game platform pada masanya. Crash Bandicoot merupakan gim platform adventure besutan developer Naughty Dog. Seri pertama hingga ketiga dari Crash Bandicoot diluncurkan untuk konsol PS1, bersamaan dengan seri spin off-nya yang berjudul Crash Team Racing.Game ini bercerita dengan karakter Crash Bandicoot yang bertualang antar dunia untuk menyelamatkan dunia dari tangan jahat sang antagonis, Neo Cortex. Gim ini menyajikan gameplay platform 3D yang serupa dengan layout game mobile Temple Run 2. Hal ini memungkinkan gim klasik seperti Crash Bandicoot dibawa kembali ke perangkat smartphone.

4 dari 8 halaman

Croc: The Legend of The Gobbos

3. Croc: The Legend of The Gobbos7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneGim besutan Argonaut Software ini merupakan salah satu gim platform adventure yang cukup diperhitungkan. Anda harus mengontrol Croc sebagai karakter utama di mana ia harus bertualang untuk melawan Baron Dante.Dengan fitur gameplay exploration yang seru, tentunya gim ini bisa saja dibawa kembali ke perangkat smartphone dengan fitur swipe untuk menggerakan Croc dengan mudah.

5 dari 8 halaman

Tomba!

4.  Tomba!7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneTomba merupakan salah satu seri gim yang populer pada era 1990an, memiliki sekuel yang tak kalah populernya dengan seri pertama, Tomba 2.Tomba memiliki gameplay 2D platform yang sangat seru dan menarik. Anda harus mengontrol karakter utama gim ini, Tomba, untuk melindungi dunia dari serangan para babi jahat. Gim ini tentunya diharapkan hadir di smartphone kesayangan Anda dan dilengkapi dengan fitur swipe and drag layaknya game mobile The Sleeping Prince.

6 dari 8 halaman

Banjo-Kazooie

5. Banjo-Kazooie7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneJika dulu Anda merupakan pengguna konsol Nintendo 64, pasti Anda tahu gim yang dibesut oleh developer Rare ini. Sempat melejit bersama Super Mario 64, Banjo-Kazooie bercerita tentang dua karakter yang bernama Banjo dan Kazooie yang harus bertualang mengoleksi not musik dan pecahan puzzle.

 

 

 

 

7 dari 8 halaman

Klonoa: Door to Phantomile

6. Klonoa: Door to Phantomile 7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneTak mau kalah dengan Tomba, Crash Bandicoot dan Spyro, gim ini juga cukup mencuri perhatian para gamer di era 1990an. Klonoa memiliki gameplay side-scrolling platform 2D yang dirilis untuk PS dan bahkan dirilis ulang untuk Nintendo Wii.Gameplay-nya tergolong sederhana. Anda hanya menggerakan karakter protagonis, Klonoa, di sepanjang perjalanan yang dibalut tampilan 2D yang cukup sempurna pada masanya. Semoga saja game ini juga masuk ke dalam 'to-do-list' developer untuk membawanya kembali ke ranah gim di smartphone.

8 dari 8 halaman

Ape Escape

7. Ape Escape7 Game Jadul Yang Harus Hadir Kembali Untuk SmartphoneGim ini termasuk salah satu game ikonik PS1 pada masanya. Ape Escape yang merupakan besutan Sony Computer Entertainment Japan tersebut bercerita tentang Spike yang harus menjelajahi waktu dan menangkap semua monyet untuk menyelamatkan bumi. Gameplay-nya cukup menghibur dan seru, bayangkan gim ini hadir kembali di smartphone Anda dengan fitur kontrol swipe yang mudah dan menarik.(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini