Sukses

Inilah Sejumlah Aplikasi Favorit Masyarakat Indonesia

Baidu Indonesia mengungkapkan, penggunaan aplikasi pada perangkat mobile ternyata lebih disukai dibandingkan dengan web browser.

Liputan6.com, Jakarta - Baidu Indonesia mengungkapkan, penggunaan aplikasi pada perangkat mobile ternyata lebih disukai dibandingkan dengan web browser.

Hasil studi terbaru yang dilakukan Baidu dan GfK Indonesia mengungkapkan, ada beberapa jenis aplikasi yang paling banyak diunduh oleh masyarakat Indonesia di antaranya adalah gim, olah pesan, dan media sosial.

Selain itu aplikasi lain yang banyak digemari adalah aplikasi belanja online, transportasi, buku dan berbagai referensi, peta dan navigasi, hingga aplikasi berita dan informasi.

Namun, dari banyaknya aplikasi tersebut tahukah Anda aplikasi apa yang paling banyak diunduh orang Indonesia?

Head of Marketing Baidu Indonesia Iwan Setiawan mengungkapkan, untuk kategori gim yang paling banyak diunduh adalah Google Play Games dengan persentase sebesar 29,9 persen. Selanjutnya adalah gim Clash of Clans sebesar 21,7 persen, LINE Lets Get Rich sebesar 12,4 persen, Pou dengan persentase 13,9 persen, serta Duel Otak sebesar 13,8 persen.

Sementara, untuk kategori olah pesan dan komunikasi, rupanya BlackBerry Messenger atau BBM masih merajai perpesanan masyarakat Indonesia dengan angka 92 persen responden.

"BBM rupanya masih menjadi favorit orang Indonesia. Menyusul di belakangnya adalah Gmail yang diunduh 65,4 responden, WhatsApp yang digunakan oleh 64,4 persen responden, dan LINE yang diunduh 64,2 persen responden," tutur Iwan.

Sementara untuk kategori media sosial, aplikasi Facebook masih berada di peringkat atas dengan persentase unduhan sebesar 55,64 persen. Menyusul di bawahnya adalah Google+ dengan persentase unduhan 54,82 persen, Instagram sebesar 48,51 persen, Path sebesar 21,01 persen, dan Twitter dengan unduhan mencapai 20,29 persen.

Beberapa aplikasi peta dan navigasi yang juga favorit di kalangan pengguna aplikasi mobile adalah Google Maps (65 persen) dan Waze (5,6 persen). Untuk penyuka video, YouTube masih bertengger di tempat teratas dengan unduhan 75,9 persen dari total responden.

"Sehubungan dengan aplikasi jasa transportasi, saat ini Go-Jek paling banyak diunduh dengan persentase unduhan 21,6 persen, GrabTaxi dengan unduhan 6,04 persen, disusul dengan aplikasi Kereta Api Indonesia Access, JNE, dan Uber," ungkapnya.

Sementara, untuk aplikasi belanja online, OLX dan Lazada mempunyai tingkat unduhan yang seimbang, yakni 11,95 persen dan 11,32 persen. Menyusul di bawahnya adalah Bukalapak dan Tokopedia.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini