Sukses

Google Pusing, Fitur Lelucon April Mop Diprotes Pengguna

Duh, Google diprotes pengguna karena salah satu fitur yang diluncurkan saat April Mop kemarin.

Liputan6.com, California - Masih ingat dengan sejumlah penemuan terbaru Google yang diluncurkan untuk merayakan April Mop, 1 April lalu?

Rupanya, tidak semua pengguna Google beranggapan bahwa penemuan-penemuan tersebut lucu. Informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Reuters, Minggu (3/4/2016), pihak Google akhirnya menghapus salah satu fitur yang dimunculkan pada April Mop tersebut.

Rupanya, fitur itu adalah yang mengizinkan pengguna Gmail untuk mengirimkan email dan tidak melihat balasannya. Lelucon tersebut dianggap mengecewakan sejumlah pengguna.

Fitur yang dinamai Mic Drop itu memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengirim email dari sebuah tombol spesial. Sehingga, jika seseorang membalas pesan, tidak akan terlihat balasannya.

Sebenarnya pengguna bisa saja mengabaikan fitur ini. Sayangnya beberapa orang sepertinya salah menekan tombol dan secara tidak sengaja justru menggunakan fitur yang dimaksud.


"Ya, sepertinya fitur ini justru membuat masalah bagi kami sendiri. Karena sebuah bug, fitur Mic Drop secara tidak sengaja justru membuat sakit kepala, bukannya tertawa," demikian tulis Google dalam sebuah unggahan blog Gmail setelah mendapatkan banyak keluhan dari pengguna.

Google pun mengungkapkan penyesalahannya dan memberitahukan bahwa fitur tersebut telah dinonaktifkan. "Jika pengguna masih melihatnya, silakan muat ulang laman Gmail Anda," katanya.

Unggahan blog Gmail juga menyebutkan, ide awal dari kemunculan fitur tersebut adalah memungkinkan pengguna memiliki kata terakhir pada email-nya.

"Semua orang dapat menerima pesan Anda, tetapi ketika mereka menanggapi, Anda tidak akan melihatnya," jelas Google.

Salah satu pengguna Gmail sekaligus penulis Allan Pashby bahkan menyebutkan karena ia tidak mengetahui adanya fitur Mic Drop, kini dirinya dipecat dari pekerjaannya.

"Ada koreksi yang harus dilakukan pada artikel saya, namun saya tidak pernah menerima balasannya. Bos saya tersinggung dengan animasi Mic Drop. Ia mengira saya tidak membalas email-nya dan berpikir saya mengacuhkan masukkan tersebut," tutur Pashby dalam sebuah forum bantuan Gmail. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.