Sukses

Video Boost Mudahkan Upload dan Nonton Video Online

Menikmati video online atau membuat film pendek kini jadi lebih cepat dan hemat ​lewat peramban Opera Mini untuk Android.

Liputan6.com, Jakarta - Penikmat online video di Indonesia, sebagai salah satu negara dengan penonton YouTube terbesar di kawasan Asia Pasifik, pasti pernah merasa stres saat video yang tengah ditontonnya berhenti di tengah jalan.

Buffering membuat waktu terbuang sia-sia. Kuota data internet terasa cepat habis saat menonton video melalui perangkat mobile atau tablet. Belum lagi jaringan yang tidak stabil sehingga kualitas video yang ditonton menjadi buruk.

Dalam keterangan resminya, berkat fitur video boost yang telah hadir di peramban mobile Opera Mini, para pengguna Android akan lebih jarang mengalami video-buffering yang menyebalkan ketika sedang menonton video secara online.

Fitur video boost ini juga membantu hampir 120 juta pengguna Opera Mini di Android--basis pengguna Opera yang paling besar--untuk menghemat kuota data internet mereka.

Nuno Sitima, SVP, Head of Mobile Browsers di Opera, menuturkan, “Video boost akan sangat membantu mereka yang memiliki jaringan mobile atau data plan terbatas. Kalau kamu suka menonton video di Android, tapi tidak suka melihat pengeluaran datamu bengkak, mungkin ini waktunya berganti browser.”

Diungkapkan, fitur video boost di Opera Mini dapat mengurangi besaran data video, waktu loading, dan penundaan waktu karena buffering.

Riset Conviva tahun lalu menunjukkan 75 persen penonton video akan menyerah dalam 4 menit atau kurang, jika video yang ditonton berkualitas buruk. Interactive Advertising Bureau juga mengungkap buffering dan kecepatan adalah faktor terpenting bagi para penonton video di smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Cara Gunakan Video Boost

Di bawah menu "O" di Opera Mini 15, pilih "savings summary" dan ganti dengan "high-savings mode". Selanjutnya di bagian bawah, centang kotak pilihan di samping video boost untuk pengalaman menonton video lebih lancar. Fitur ini juga menunjukkan perhitungan agar pengguna bisa melihat berapa banyak video yang sudah dioptimalisasi.

Selain itu versi terbaru Opera Mini untuk Android menawarkan fitur-fitur untuk menambah kecepatan, penghematan, dan efisiensi. Di high-savings mode, misalnya, Opera Mini akan secara otomatis mematikan kompresi data saat mendeteksi Wi-Fi.

Jika jaringan Wi-Fi padat? Gampang, tinggal aktifkan kembali data savings di menu savings summary. Di Indonesia, Opera telah turut serta di tengah-tengah para penikmat online video.

Pada Februari lalu, bersama produser dan sutradara kenamaan Salman Aristo, Opera meluncurkan Arah Kisah Kita, sebuah film pendek tentang pasangan muda-mudi millenial (Okta dan Olivia) yang berupaya saling mengenal di era serbacepat dan padat teknologi seperti sekarang ini.

Penonton dapat menikmati film pendek ini dengan lima pilihan ending berbeda dari para YouTubers Indonesia dengan lebih lancar menggunakan video boost. Lewat tautan ini dan berbagai media sosial resmi Opera Indonesia, penonton juga dapat memilih ending cerita favorit mereka.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini