Sukses

Clash of Clans vs Clash Royale, Siapa Patut Jadi Juara?

Dibuat oleh developer yang sama, kira-kira siapakah yang akan jadi juara jika Clash of Clans head-to-head dengan Clash Royale?

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum mulai membahas 'pertarungan' antara Clash of Clans dan Clash Royale, sekadar informasi bagi Anda yang mungkin belum tahu, Clash Royale saat ini sudah dirilis secara global untuk Android dan iOS. Keduanya dibuat oleh developer yang sama: Supercell.

Ya, Supercell memperkenalkan Clash Royale sebagai gim 'lanjutan' dari Clash of Clans. Tampil sebagai gim real time multiplayer, Clash Royale mengusung sejumlah karakter turunan dari Clash of Clans. Yang membedakan keduanya adalah gameplay. Nah, kira-kira bagaimana bila kedua gim diadu secara head-to-head?

1. Serupa tapi tak sama
Di bawah satu developer yang sama kedua gim ini bersaing ketat di Apple Store dan Google Play Store. Terhitung ketika artikel ini ditulis, Clash Royale menduduki posisi puncak sebagai aplikasi berpendapatan terbesar secara harian di Indonesia.

Dari segi gameplay, kedua gim ini tampil berbanding terbalik. Clash of Clans tampil dengan genre gim strategi yang mengharuskan setiap player membangun sebuah desa, melatih pasukan, dan kemudian mengirimnya untuk menghancurkan desa.
Clash Royale, gim penerus CoC
Lalu bagaimana dengan Clash Royale? Menggabungkan collectible card game (CCG), tower defense, dan strategi, player dituntut membentuk kumpulan kartu yang akan digunakan untuk menghancurkan menara dan kastil lawan, sekaligus mempertahankan diri dari serangan lawan.

Jika di Clash of Clans player diminta meningkatkan level Town Hall untuk mendapat akses berbagai unit, di Clash Royale, untuk meningkatkan level kartu, player harus mengumpulkan jenis kartu yang sama. Kartu ini bisa didapat dari peti atau dengan cara membeli beli di Shop. Lalu sama seperti Clash of Clans, Clash Royale pun mempunyai fitur Clan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Bagai pinang dibelah dua
Bila gameplay keduanya tampil berbanding terbalik, karakter-karakternya malah sama. Anda yang bermain Clash of Clans pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter seperti Giant, Goblin, Archer, Musketeer, Skelaton, Dragon, dkk.

Seperti di Clash of Clans, setiap karakter atau kartu di gim memiliki statistik yang berbeda, mulai dari hitpoints, damage, targets, range, damage per second, hit speed, speed, dan deploy time. Dengan statistik berbeda, Anda harus mengatur strategi untuk memberikan damage besar dalam waktu sesingkat-singkatnya.
Kumpulkan dek kartu untuk bentuk tim paling kuat
Bedanya, bila di Clash of Clans, Anda harus menaikkan level town hall untuk mendapatkan akses ke tiap karakter, sedangkan di Clash Royale Anda bisa mengakses, mendapatkan, dan meningkatkan level kartu yang bisa didapat dari chest (peti).

Tampil dalam bentuk kartu, karakter di Clash Royale dibagi menjadi tiga jenis kartu yaitu common, rare, dan epic. Sesuai dengan jenisnya, tiap kartu bisa didapatkan dengan mudah atau pun sulit.

Lalu jika di Clash of Clans elixir dan gold digunakan untuk melakukan upgrade gedung (buildings), di Clash Royale Anda juga akan menemukan elixir yang digunakan untuk mengirim (deploy) pasukan ke medan perang dan gold yang digunakan untuk membeli kartu dan melakukan upgrade kartu.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Shop
Walau kedua gim tampil dengan fitur Shop, player di Clash of Clans bisa membeli berbagai hal--cukup banyak--mulai dari gems, gold, dan elixir di Treasure. Berbagai jenis bangunan bisa player gunakan untuk meningkatkan jumlah resource, unit tentara, pertahanan, dekorasi, dan pelindung.

Sementara di Clash Royale, Shop tampil lebih sederhana. Di sini player bisa membeli berbagai jenis kartu, peti harta karun, gems, dan gold.

4. Clans
Meski sama-sama menampilkan fitur Clans, keduanya memiliki perbedaan yang cukup terasa. Clans di Clash of Clans difungsikan sebagai tempat bagi para clasher untuk meminta bantuan unit tambahan saat sedang nge-raid Town Hall orang lain, ataupun untuk melindungi desa saat Anda log off. Anda juga bisa memberikan donasi juga kepada clasher satu Clan Anda.
Clash Royale tembus 500 ribu player hanya satu hari (Flipboard)
Menariknya, di Clash Royale Anda bukan cuma bisa memberikan donasi, tetapi juga melakukan friendly battle. Sayangnya di Clash Royale Anda tidak bisa meminta bantuan kepada rekan satu Clan Anda saat sedang battle.

So, secara keseluruhan kedua gim memiliki plus-minus. Namun dengan gameplay, fitur, dan grafis yang lebih 'segar', Clash Royale lebih menantang dan seru untuk dimainkan ketimbang Clash of Clans. 

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.