Sukses

Google Perkenalkan Metode Pembayaran tanpa Sentuhan

Metode pembayaran yang diberi nama Hands Free ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi digital tanpa smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali memperkenalkan sistem pembayaran terbaru dalam melakukan transaksi. Metode bernama Hands Free ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi digital tanpa perlu mengeluarkan smartphone.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Jumat (4/3/2016), metode ini menggunakan sensor di smartphone dan menghubungkannya langsung dengan sistem point of sales dari tempat transaksi. Jadi, perangkat point of sale harus terlebih dulu diatur agar dapat membaca sensor smartphone.

Senior Director Product Management Google Pali Bhat menuturkan, cara ini jelas dibuat untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Menurutnya, tidak jarang muncul kondisi yang menyulitkan pengguna mengambil dompet, uang, dan termasuk smartphone ketika akan bertransaksi.

Melalui Hands Free, pengguna cukup mendekat ke arah kasir, dan mesin kasir secara otomatis akan mendeteksi perangkat tersebut. Untuk melakukan transaksi, pengguna cukup mengatakan akan 'membayar lewat Google', kemudian memberikan inisial nama pada kasir.

Nantinya, kasir akan segera mendeteksi foto pengguna dan mencocokkannya dengan foto di profil Google. Untuk saat ini, Google baru melakukan uji coba di wilayah San Fransisco. Google juga telah bekerja sama dengan beberapa toko untuk melakukan uji coba tersebut.

Hands Free sendiri bukan metode pembayaran pertama yang dirilis oleh Google. Sebelumnya, raksasa mesin pencari itu telah memperkenalkan Android Pay untuk pengguna Android di Amerika Serikat.

Google menargetkan sekitar 1,5 juta pendaftar layanan Android Pay baru setiap bulannya di Amerika Serikat, dan tambahan sekitar 2 juta lokasi yang menerima pembayaran melalui metode tersebut. Salah satu yang menarik dari metode ini adalah Android Pay masih bisa digunakan pada Android lawas, yakni Jelly Bean.

Selain Google, perusahaan lain yang juga telah menawarkan sistem transaksi serupa adalah Apple. Melalui layanan Apple Pay yang sudah disematkan pada Apple Watch dan iPhone, perusahaan asal Cupertino itu turut memperkenalkan sistem pembayaran berbasis digital.

(Dam/Why)

**Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.