Sukses

Siri Segera Sambangi Mac

Siri dikabarkan akan hadir bersamaan dengan perkenalan pembaruan software untuk perangkat Mac bulan Juni mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual besutan Apple, Siri, dikabarkan akan segera menyambangi Mac di tahun ini. Informasi ini pertama kali diketahui dari laman 9to5Mac beberapa waktu lalu.

Kehadiran Siri untuk pertama kalinya ini bersamaan dengan perilisan update untuk perangkat Mac. Rencananya, perkenalan sistem operasi yang diberi kode nama 'Fuji' itu diadakan pada gelaran Worldwide Developer Conference pada Juni 2016.

Dilansir dari Time, Jumat (25/2/2016), nantinya fitur Siri akan hadir dalam sebuah tampilan tombol baru yang terletak di antara ikon Spotlight Search dan Notification Center. Selain itu, Siri juga dapat diakses melalui menu System Preferences.

Tak hanya itu, pengguna disebut juga dapat membuka Siri melalui fungsi shortcut di keyboard. Bahkan, pembaruan ini juga akan membawa fitur 'Hey Siri' yang sebelumnya hanya bisa digunakan pada perangkat mobile. Jadi, penggguna bisa mengakses Siri lewat perintah suara.

Kehadiran fitur Siri di perangkat Mac ini mirip dengan yang dilakukan Microsoft pada Cortana, asisten virtual besutannya. Sejak perilisan Windows 10, Cortana telah menjadi fitur wajib yang diikutsertakan dalam sistem operasi tersebut. Tak hanya itu, Cortana juga dapat diaktifkan melalui perintah 'Hey Cortana'.

Sementara itu, Apple dilaporkan telah lama melakukan uji coba Siri untuk dapat berjalan di perangkat Mac yakni sejak 2012. Namun, baru sekarang perusahaan asal Cupertino itu siap merilis fitur tersebut untuk publik.

Kendati demikian, mengingat Apple juga dikabarkan masih terus menyempurnakan fitur ini, tampilan maupun navigasi kemungkinan masih bisa berubah.

Sebagai informasi, pada awalnya Siri merupakan aplikasi biasa yang tersedia di toko aplikasi iOS, App Store. Lalu, pada 2010, Siri diakuisisi Apple dengan nilai transaksi US$ 250 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

Setelah itu, Siri diintegrasikan pada iPhone sejak 2011. Dan, saat ini, Siri sudah menjadi fitur yang hadir semua seri iPod, iPhone, dan AppleWatch terbaru.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini