Sukses

Smartphone Termurah di Dunia Sudah Dipesan 70 Juta Unit

Membludaknya permintaan membuat pihak Ringing Bells terpaksa menghentikan pemesanan ponsel dengan nama Freedom 251 tersebut.

Liputan6.com, New Delhi - Masih ingat dengan Freedom 251, ponsel termurah di dunia yang harganya Rp 50 ribuan? Kini, smartphone yang diproduksi oleh perusahaan India, Ringing Bells, tersebut telah menerima lebih dari 70 juta pemesanan sejak dirilis 18 Februari lalu.

Perusahaan teknologi yang kini namanya mulai dikenal dunia karena memproduksi ponsel termurah itu menyebutkan, membludaknya permintaan membuat pihaknya menghentikan pemesanan.

Dikutip dari IB Times, Rabu (24/2/2016), Ringing Bells juga menjanjikan pihaknya akan mengirimkan 500 ribu unit perangkat Freedom 251 sebelum 30 Juni 2016.

"Hingga Sabtu (20/2/2016) pukul 11.00, sebanyak 73 juta orang telah memesan smartphone Freedom 251. Kami harus menutup proses pemesanan online sebab kami harus mempersiapkan pengiriman handset ini," ujar Mohit Goel, Direktur Ringing Bells kepada Hindustan Times yang dikutip IB Times.

Menurut perusahaan, pengiriman handset termurah di dunia ini akan dimulai April mendatang. Perusahaan juga menjanjikan pengiriman selesai sebelum tenggat waktu.

Ringing Bells juga menyebutkan 30.000 orang telah membayar seharga 251 Rupee atau US$ 3,8 (setara Rp 49.000) untuk membeli ponsel tersebut pada saat pemesanan dibuka. Uang yang terkumpul, menurut pihak perusahaan, akan tetap berada di rekening hingga semua pengiriman diselesaikan.

Di sisi lain, berbagai pertanyaan muncul terkait dengan kredibilitas peralatan dan pemilik perusahaan. Hal ini kemudian dijawab oleh Presiden Ringing Bells Ashok Chadha.

"Memang benar, ada kunjungan dari departemen beacukai dan penerimaan pajak, kami bermaksud mencapai tonggak 'Dibuat di India', 'Keahlian dari India', dan 'Dirintis India'. Kemudian, pemerintah juga mengeluarkan beberapa panduan, memberikan dukungan penuh, dan menawarkan kerjasama dengan kami," katanya.

Sekadar mengingatkan, smartphone termurah di dunia itu memiliki baterai berkapasitas 1450mAh dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.

Dengan garansi selama satu tahun, ponsel ini dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 3,2MP dan kamera depan 0,3MP. Ponsel ini juga didukung oleh RAM berkapasitas 1GB, internal memori 8GB, serta dimotori prosesor 1,3GHz Quadcore.

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.