Freedom 251, Smartphone Termurah di Dunia Hanya Rp 53.000

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 18 Feb 2016, 12:34 WIB
Diperbarui 18 Feb 2016, 12:34 WIB
Freedom 251
Perbesar
Inilah tampilan Freedom 251, ponsel termurah didunia yang diproduksi oleh perusahaan India, Ringing Bells. (Foto: GSM Arena)

Liputan6.com, New Delhi - Perusahaan India Ringing Bells meluncurkan smartphone yang diklaim paling murah di dunia. Rencananya, ponsel ini akan dirilis pada 18 Februari 2016 dengan harga yang mengejutkan, yakni sekitar US$ 4 setara dengan Rp 53.000.

Berdasarkan laman Tech Times yang tim Tekno Liputan6.com kutip, Kamis (17/2/2016), perusahaan menyatakan keinginannya untuk memberdayakan seluruh lapisan masyarakat di India dengan hadirnya teknologi digital terkini tanpa harus khawatir dengan harga tinggi layaknya perangkat ponsel pintar lainnya.

Dalam mengembangkan ponsel murah ini, perusahaan memiliki tekad untuk menyediakan produk teknologi terkini dengan kualitas dan layanan terbaik, namun harganya tetap terjangkau.

Ringing Bells pun mengaku mengantongi dukungan pemerintah India dalam peluncuran ponsel ini. Dukungan tersebut diwujudkan dengan kehadiran Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar saat peluncuran Freedom 251, dan penggunaan label "made in India" pada ponsel tersebut.

Freedom 251 sendiri memiliki ukuran 4 inci dengan layar qHD IPS display dengan resolusi 960 x 540 pixel. Tidak mau kalah dengan ponsel pintar lainnya, Freedom 251 juga dibekali dengan prosesor 1,3GHz quad-core dan RAM 1GB. Sementara, ruang penyimpanan internalnya memiliki kapasitas 8GB yang dapat ditambah hingga 32GB melalui microSD.

Selain itu, Freedom 251 berjalan di sistem operasi terbaru, yakni Android Lollipop 5.1. Layaknya ponsel pintar masa kini, ponsel murah ini dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 3,2MP dan kamera depan 0,3MP. "Freedom 251 dibangun dengan kamera yang sempurna untuk keperluan selfie bagi mereka yang menyukai swafoto," ujar Ringing Bells.

Ponsel yang terjangkau ini juga memiliki fitur radio berjaringan 3G. Baterainya diklaim cukup untuk keperluan satu hari dengan kapasitas 1450 mAh.

Tidak hanya fitur-fitur di atas, ponsel murah ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan seperi WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Google Play, serta beberapa aplikasi yang bisa mendukung kebutuhan masyarakat India.

(Tin/Cas)