Sukses

Pilih Photos, Google 'Pensiunkan' Picasa

Google akhirnya memutuskan menghentikan layanan Picasa untuk sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum Google Photos, aplikasi penyimpanan foto untuk pengguna Android biasanya menggunakan Picasa. Namun, Google kali ini berencana menutup layanan Picasa. Hal ini diketahui oleh dari blog Picasa beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataan tersebut Google tak secara langsung mengatakan akan menghentikan Picasa. Namun, Google berencana untuk 'memensiunkan' Picasa ini dalam beberapa bulan ke depan.

"Kami akan menghentikannya dalam beberapa bulan ke depan agar dapat fokus pada Google Photos," ujar Anil Sabhrawal, Head of Google Photos, seperti dikutip dari blog Google Photos, Senin (15/2/2016). Dengan begitu, Google dapat memberikan pengalaman lebih baik.

Langkah Google mematikan Picasa ini dinilai tak mengagetkan bagi sebagian pihak. Sebab, sejak dibeli pada 2004 lalu, Picasa memang kurang mendapat perhatian Google. Terlebih setelah hadirnya layanan Google+ Photos, yang kemudian berubah nama menjadi Google Photos.

Pun demikian, Google masih menjembatani pengguna yang masih memiliki foto atau video di Picasa. Google menyarankan agar pengguna mulai membagi konten-konten tersebut ke Google Photos. Dengan demikian, konten yang disimpan dapat hadir pula di Google Photos.

Google juga mengingatkan, bagi pengguna yang tak ingin memakai Google Photos, pihaknya akan membuat tempat baru untuk menyimpan data-data tersebut.

Namun, pengguna hanya mampu melihat, mengunduh, atau menghapus data tersebut. Dan, tidak lagi bisa membuat atau mengatur konten dalam sebuah album.

Dalam pernyataan tersebut, Google juga mengumumkan bahwa per 15 Maret 2016, aplikasi desktop Picasa tidak akan lagi mendapat dukungan. Oleh sebab itu, pengguna tidak akan mendapat pembaruan setelah tanggal tersebut.  Tak hanya itu, Google juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan berhenti mengembangan API untuk Picasa.

Picasa sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk meninjau, mengelola, dan mengedit gambar digital. Pada 2004 silam, Google mengakuisisi Picasa dengan nilai yang tidak diketahui.

Sejak saat itu, Picasa menjadi salah satu aplikasi penyimpanan untuk foto-foto di smartphone Android. Namun, sejak Google memiliki Google Photos di 2015, Picasa pun mulai ditinggalkan.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini