Sukses

Uninstall Facebook Bisa Hemat Baterai Android hingga 20%

Penggunaan aplikasi Facebook pada Android dikeluhkan sejumlah orang karena membuat performa ponsel lambat serta menghabiskan baterai.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Facebook rupanya memiliki rekam jejak yang tidak begitu baik pada ponsel Android. Banyak pengguna sering mengeluhkan performanya. Selain itu, aplikasi jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini juga terkenal membuat baterai ponsel cepat habis.

Tahun lalu Chief Product Officer Facebook, Chris Cox, bahkan meminta kepada stafnya untuk beralih menggunakan Android untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun permasalahan masih berlanjut.

Informasi yang dikutip tim Tekno Liputan6.com dari The Guardian, Senin (8/2/2016) menyebutkan baru-baru ini seorang blogger Android, Russel Holly, meng-uninstall aplikasi tersebut. Ia mengungkap performa Androidnya kini jauh lebih baik tanpa aplikasi Facebook.

Sementara itu, berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh The Guardian, meng-uninstall aplikasi Facebook juga meningkatkan daya tahan baterai.

Pengetesan dilakukan menggunakan Huawei Nexus 6P. Caranya dengan meng-uninstall Facebook Messenger dan memasang aplikasi bernama Metal. Metal berfungsi sebagai wrapper, yang merupakan aplikasi ringan untuk menjalankan situs-situs tertentu menjadi lebih cepat.

Ketika menggunakan Metal, laman mobile Facebook bekerja lebih cepat dibandingkan aplikasinya, bahkan menghemat baterai hingga 20 persen.

"Kami telah mendengar laporan-laporan dari beberapa orang yang mengeluhkan aplikasi Facebook, bahkan adanya aplikasi Facebook memperlambat kinerja ponsel Androidnya. Kami akan terus mencari tahu penyebabnya dan berkomitmen untuk memperbaikinya," kata juru bicara Facebook memberikan tanggapan.

Jadi, jika Anda adalah pengguna aplikasi Facebook di ponsel Android dan mengeluhkan hal serupa, Anda bisa menghapus aplikasi Facebook dan menggantinya dengan wrapper untuk menghemat baterai sekaligus meningkatkan kinerja ponsel Android Anda. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini