Sukses

Malu, Si Orangutan yang Bisa Main Xbox

Orangutan di kebun binatang Melbourne ini sedang belajar bagaimana main game (gim) di Xbox.

Liputan6.com, Jakarta - Dikenal sebagai salah satu kerabat paling dekat dengan manusia, orangutan di kebun binatang Melbourne ini sedang belajar bagaimana main game (gim) di Xbox.

Orangutan bernama Malu dengan jenis kelamin pria berusia 12 tahun ini, menjadi salah satu primata yang ikut dalam penelitian untuk meningkatkan kecerdasan, kejiwaan, dan interaksi sosial saat sedang dalam penangkaran.

Menggunakan sistem sensor Kinect yang terpasang pada Xbox, Malu diperkenalkan dengan sebuah gim Xbox yang dikendalikan melalui sensor gerakan.

Dalam foto dan video yang diambil oleh University of Melbourne's Microsoft Research Centre for Social Natural User Interfaces, Malu terlihat sangat aktif menyentuh setiap titik yang diproyeksikan ke lantai.

"Malu akan mendekati titik merah tersebut dan menciumnya. Titik itu akan meledak dan muncul ditempat lain, dan dia akan kembali mencium titik tersebut," ucap salah satu ilmuwan yang tim Tekno Liputan6.com kutip dari laman Huffington Post, Kamis (4/2/2016),

Malu juga aktif saat main gim, sambil membawa beberapa benda seperti sedotan dan meletakkannya tepat di titik lampu proyeksi.

Walau saat ini para tim ilmuwan masih memberikan gim sederhana untuk Malu mainkan, tidak menutup kemungkinan ke depannya Malu bisa main gim lebih rumit hingga bisa jadi lawan tanding player, seperti pengunjung kebun binatang.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.