Sukses

Telkomsel Bidik 6 Juta Pengguna T-Cash NFC

Untuk mencapai target 6 juta pengguna T-Cash NFC, Telkomsel akan memperluas jaringan merchant T-Cash dan ekspansi ke luar Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Telkomsel menghadirkan T-Cash dengan konsep dan teknologi baru, yakni Near Field Communication (NFC). Layanan e-money tersebut dilengkapi dengan stiker NFC, yang ditempel pada bagian belakang ponsel.

"Kami relaunch T-Cash dengan konsep, misi, dan strategi baru. Setelah dirilis kembali, kami rasa ini quite promising," ujar GM Digital Payment & Banking Product Development Telkomsel, Herman Suharto, saat Media Update T-Cash di kantor pusat Telkomsel, di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Dari riset yang dilakukan, Telkomsel mengungkap bahwa 92 persen penggunanya memiliki good experience, 71 persen akan memakai T-Cash, dan 62 persen akan merekomendasikan T-Cash kepada teman-temannya. 

Tiga bulan pasca dirilis, T-Cash NFC telah mengantongi 300 ribu pengguna dari total 6 juta pengguna aktif T-Cash. Sebetulnya, jumlah pengguna T-Cash yang terdaftar sebanyak 20 juta pengguna.  

"Kami membidik 5-6 juta pengguna T-Cash NFC di tahun ini. Untuk mencapai itu, kami akan menambah jumlah merchant dari 3.000 outlet menjadi 33 ribu outlet, serta memperbanyak promo atraktif. Ini untuk memastikan isi saldo T-Cash semakin mudah," kata Herman.  

Saat ini, rata-rata nilai transaksi T-Cash dengan NFC berkisar Rp 66 ribu. Secara jumlah, pengguna T-Cash NFC rata-rata bertransaksi dua kali dalam sebulan. Dengan penambahan merchant, pihaknya menargetkan rata-rata jumlah transaksi per pengguna naik menjadi empat kali dalam sebulan.

"Meski kami fokus untuk wilayah Jabodetabek, kami berencana memperluas layanan T-Cash dengan stiker NFC ini ke Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar secara bertahap di kuartal kedua nanti," tambahnya.

Dari pencapaian sementara, transaksi terbesar T-Cash dengan NFC berasal dari restoran cepat saji McDonald, bioskop 2 Cineplex, Seven Eleven (711), dan Indomaret. Selain merchant offline, Telkomsel juga akan menggaet beberapa merchant online dalam waktu dekat. 

T-Cash merupakan layanan uang elektronik yang telah mendapat lisensi dari Bank Indonesia. Saat ini T-Cash memiliki tiga fitur utama, yakni e-money, purchase online, dan pay-on-mobile.

NFC sendiri merupakan teknologi komunikasi untuk mengirimkan data dan juga sebagai alat pembayaran. NFC bekerja dengan cara mendekatkan atau menempel dua perangkat ponsel. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini